fbpx

BAWASLU BLORA AJAK MASYARAKAT AWASI PEMILU

Bawaslu Blora.

Blora, BLORANEWS – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blora menggelar agenda sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pada Sabtu pagi, 03 Februari 2024.

Agenda yang digelar di ruang pertemuan Resto D’joglo Kelurahan Bangkle, Kecamatan Blora itu mengangkat tema “Peran Strategis Pemantau Pemilu dan Organisasi Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu 2024”.

Dalam kesempatan itu, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Blora Irfan Syaiful Masykur mengajak segenap elemen masyarakat untuk terlibat dalam proses pengawasan Pemilu 2024.

“Dari peserta pemilu, dari masyarakat yang punya hak pilih, dari teman-teman media atau yang lainnya. Yang mengawal jalannya proses demokrasi agar pelaksanaan Pemilu itu sesuai dengan tujuannya, yaitu luber jurdil,” jelasnya.

Sementara itu, Pemerhati Pemilu asal Palur Sukoharjo, Rahardi mengatakan, partisipasi masyarakat dalam Pemilu adalah indikator demokrasi. Menurutnya, penghormatan atas perbedaan pilihan adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi dalam berdemokrasi.

“Pemilu tanpa pengawasan yang baik dan cermat hanyalah sebuah kekacauan. Bahwa dalam setiap Pemilu selalu saja ada upaya dari berbagai pihak, untuk menelikung aturan guna kepentingan dan keuntungan tertentu,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan aktivis mahasiswa seperti IMM, PMII serta HMI. Kemudian hadir pula pemantau pemilu dan sejumlah insan media serta perwakilan ormas lainnya. (Dj)