Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

BELAJAR TIDAK HARUS PINTAR




Pendidikan adalah suatu pembelajaran , keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang tersebut yang ditujukan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.

Jadi, pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, karena dengan adanya pendidikan kita bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas.

 

Yunita Trisnawati

Yunita Trisnawati

 

Nah, dalam sebuah pendidikan kita juga dituntut untuk belajar. Ya, belajar memang sebuah hal yang wajib untuk kita laksanakan dalam masa remaja ini. Tetapi, kita belajar kita juga tidak di tuntut untuk pintar bukan? Karena, belajar tidak harus formal, kita bisa melihat, mendengar sesuatu yang sebelumnya belum kita ketahui.

Banyak pendapat orang yang mengatakan guru terbaik adalah pengalaman. Ya, menurut saya itu benar. Jika pengalaman kita luas, wawasan akan ikut luas. Karena, pengalaman membuat kita menjadi lebih tahu akan jalan menuju ke depannya.

Kita belajar, tapi tidak dituntut menjadi pintar. Karena kita belajar, untuk menambah, menimba, dan menggali ilmu sebanyak mungkin. Dan pintar ialah bonusnya. Menurut saya, jika seseorang menuntut belajar di sekolah agar menjadi pintar, itu salah.



Karena belajar itu dari kita tidak bisa menjadi bisa. Dari tidak tahu menjadi tahu. Tidak ada manusia yang bodoh, semua itu sama rata, semua pintar, tergantung kita untuk mengoperasikan mindset kita. Jika kita optimis untuk bisa, maka kita akan bisa.

Dan selain itu, belajar tidak harus dalam konteks formal saja, non formal pun bisa kita jadikan untuk belajar. Ingat! Apa yang kita lihat, kita dengar, kita rasakan itu adalah ilmu. Satu lagi, pengalaman. Pengalaman bisa menjadi salah satu guru kita dalam belajar tentang kehidupan ini.

Dari situ kita bisa melihat kesalahan kita ataupun orang terdekat kita yang kemudian kita bisa belajar agar tidak terulang lagi di masa yang akan datang.

Jadi ketika kita punya keinginan belajar biasa kan untuk merubah pola pikir kita yaitu ilmu itu jangan cuma dipelajari namun diterapkan dilakukan dibagi. Ilmu itu luas jangan dibuat mengerucut.

Carilah ilmu, hauslah akan ilmu. Kejarlah! Karena tidak ada ilmu yang tidak berguna tidak ada ruginya kita belajar. Ingat hadis nabi Muhammad SAW, tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina. Jadi jika kita sudah berniat belajar, teruskan! Jangan ada kata ragu, perjuangkan itu.

Tentang penulis: Yunita Trisnawati adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan