fbpx

BELASAN SISWA SMP NEGERI KUNJUNGI DAMKAR SATPOL PP

  • Bagikan
DAMKAR SATPOL PP
Siswa SMP belajar dan mengenal lebih dekat Pemadam kebakaran Satpol PP Blora. Foto : Bloranews

Blora – Belasan siswa SMP Negeri 2 Blora mengunjungi Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blora, Senin (17/4/2017).

Kepala Satpol PP Blora, Anang Sri Danaryanto kepada Bloranews.com mengatakan bahwa kunjungan siswa SMP ke kantornya tidak diprogramkan, akan tetapi dari pihak sekolah mengirimkan surat untuk berkunjung ke kantor Satpol PP. Untuk lebih mengenal tentang pemadam kebakaran (Damkar) secara langsung.

 

DAMKAR SATPOL PP
Siswa SMP belajar dan mengenal lebih dekat Pemadam kebakaran Satpol PP Blora. Foto : Bloranews

 

“Kita tidak punya program khusus, cuma mereka mengirim surat kekita untuk pengenalan tentang Damkar,” kata Anang disela kunjungan tersebut.

Lebih lanjut diakui Anang, kunjungan siswa ke kantornya bukan yang pertama kali. Ia mengatakan kunjungan tersebut sangat membantu sekali untuk mengenalkan secara dini cara memadamkan api. “Sudah beberapa kali anak-anak sekolah datang ke sini, itu dari sekolah yang berbeda-beda,” jelas mantan Kepala Kesbangpol Blora ini.

Saat ini, Satpol PP Blora yang mengangani jika ada kebakaran di pemukiman, sedangkan untuk BPBD di wilayah alam.

Sementara itu, Petugas Damkar, Supriyanto yang mendampingi para siswa SMP menjelaskan terkait alat-alat damkar, tata acara pemadaman dan evakuasi korban kebakaran.

“Tadi para siswa dijelaskan terkait dengan penanganan kebakaran, mulai dari alat-alat pemadam kebakaran, tata acara pemadaman dan evakuasi korban kebakaran,” katanya.

Pihaknya menambahkan bahwa peserta yang berjumlah 15 orang ini, merupakan siswa yang ikut dalam kegiatan pramuka di sekolah dan ditugaskan untuk belajar tentang damkar. “Memang ini tugas sekolah kepada anggota pramuka untuk belajar damkar,” imbuhnya.

Salah seorang siswi SMP 2 Blora, Alvaina Fitriya Utami Jaswah merasa senang dapat belajar langsung tentang damkar. Ia juga membenarkan bahwa itu merupakan tugas yang diberikan dalam kegiatan pramuka.

“Iya, ini tugas dari kegiatan pramuka. Kita dijelaskan banyak tadi, cara menolong dan mengevakuasi korban kebakaran. Juga dikenalkan nama alat-alat pemadam kebakaran.” kata Alvaina sembari senyum.

Reporter : Ngatono

banner 120x500
  • Bagikan