BENCANA TANAH LONGSOR ANCAM PEMUKIMAN WARGA DI TEPI SUNGAI

Jepon- Satu rumah di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Desa Brumbung Kecamatan Jepon Kabupaten Blora terdampak tanah longsor. Sementara, dua rumah lainnya yang lokasinya berdekatan berpotensi menjadi korban selanjutnya.

Plt Kepala Pelaksana  (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP) Kabupaten Blora, Free Bayu Alamanda menghimbau, warga yang tinggal di sekitar aliran sungai untuk mewaspadai bencana tanah longsor yang rentan terjadi di musim hujan.

 

BENCANA TANAH LONGSOR ANCAM PEMUKIMAN WARGA DI TEPI SUNGAI

Tanah longsor di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Desa Brumbung Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora.

 

“Kami juga meminta warga yang tinggal di sekitar sungai untuk mewaspadai bencana banjir bandang saat terjadi hujan dengan durasi lama. Warga juga diharapkan untuk tidak membuang sampah di sungai apapun bentuknya,” himbau Bayu, Selasa (04/12).

Bayu menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan serangkaian pendataan di lokasi longsor bersama dengan perwakilan pemerintah desa setempat. Terkait penanganan, telah dilakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait.

Sementara itu, petugas lapangan BPBD Blora, Agung Tri memaparkan situasi terkini di rumah terdampak longsor di kawasan DAS Desa Brumbung. Rumah terdampak longsor adalah kepunyaan Pimi (50) di Desa Brumbung RT 06 RW 01 Kecamatan Jepon.

“Bagian rumah yang terdampak adalah dapur dan kamar mandi. Rumah yang berpotensi terdampak longsor selanjutnya adalah milik Soni (40) dan Salim (43), di lingkungan yang sama. Bagian halaman belakang rumah Soni dan Salim telah longsor,” paparnya. (sya)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.