BERALIH KE PENJUALAN ONLINE SAAT PANDEMI

Jual beli online atau Online shop adalah suatu kegiatan jual beli dimana penjual dan pembelinya tidak harus bertemu. untuk melakukan negosiasi, transaksi dan komunikasi hanya perlu melalui media online.

 

PENJUALAN ONLINE

Ilustrasi

 

Di jaman milenial seperti sekarang ini banyak sekali terobosan-terobosan baru yang mempermudah kita untuk melakukan pekerjaan. Contohnya jualan online, yang kita perlukan hanyalah gadget sebagai pengganti toko fisik. Dalam gadget kita berisi media sosial seperti instagram, facebook, sophee, lazada dll, yang mana itu bisa sebagai etalase kita untuk memasang produk yang dijual. 

Apalagi dalam kondisi pandemi covid 19 seperti ini, banyak sekali orang yang lebih memilih berdiam diri dirumah, tidak berkerumun & jaga jarak (social distancing) guna menjaga diri agar tidak tertular virus covid 19. Sehingga orang-orang lebih memilih berbelanja online utk memenuhi kebutuhannya. 

Hal ini menyebabkan para pedagang offline mendapatkan kerugian/ penurunan pendapatan bahkan mungkin ada yang sampai gulung tikar karena sudah tidak dapat memutar modal lagi untuk melanjutkan berdagang. Salah satu solusi yang bisa dicapai adalah melanjutkan berdagang dengan membuka toko online. 

Kelebihan dari  penjualan online ini adalah kita bisa mengerjakannya dimana saja, tidak perlu banyak modal, dan minim kerugiannya karena tidak harus stok barang. Beberapa penjual online menganut sistem dropship (hanya berperan memasarkan produk saja, tidak perlu menyetok ataupun mengirimkan barang secara manual ke pembeli. Semua itu akan dilakukan oleh pihak produsen).

Sedangkan kekurangan dari penjualan online adalah banyaknya pesaing antar penjual online sehingga pembeli akan lebih selektif dalam memilih seller. Maka dari itu penjual online harus mempunyai keahlian dalam pemasaran online agar tokonya menonjol dan ramai pembeli. 

 

Tentang Penulis  : Mochammad choirul imam adalah Mahasiswa

Alamat : Desa Cabean RW.01, Rw.01 Kecamatan Cepu Kabupaten Blora

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan