fbpx

BERBURU CEMILAN TRADISIONAL DI PASAR NGLAMBANG

  • Bagikan
pasar nglambang
Penjual Gathot di salah satu sudut pasar Nglambang desa Puledagel kecamatan Jepon

Puledagel, Jepon- Dewasa ini, tidak mudah menemukan jajan pasar yang dibuat dengan cita rasa tradisional. Gathot dan Grontol tidak lagi mudah ditemukan dibandingkan dua dekade yang lalu. Maraknya snack box dengan sistem pemesanan menjadikan jajanan tradisional ini semakin terpinggir, popularitas jajan pasar dipinggirkan oleh Risoles, Pastel dan Bolu.

pasar nglambang
Penjual Gathot di salah satu sudut pasar Nglambang desa Puledagel kecamatan Jepon

Di Jepon terdapat sebuah pasar desa yang menyediakan berbagai jajanan tradisional. Di beberapa sudut pasar desa Nglambang masih dapat ditemukan penjual jajanan tradisional seperti Rangin, Grontol, Gathot dan Poci.

Pasar Nglambang terletak di dukuh Nglambang desa Puledagel kecamatan Jepon, lima kilometer arah utara perempatan Seso. Di pasar ini berbagai jajanan tradisional dijajakan. Gathot dan Gemblong Ketela diracik ditempat oleh penjualnya. Parutan kelapa sebagai taburan yang melezatkan Gathot dan Grontol diparut di tempat.

Seperti pasar desa pada umumnya, Pasar Nglambang hanya beroperasi sepanjang setengah hari. Pukul tujuh sampai pukul sembilan pagi merupakan puncak keramaian pasar ini. Selain jajanan tradisional, di pasar Nglambang dapat diperoleh berbagai bumbu kebutuhan dapur seperti cabai, bawang merah dan putih, empon-empon ( umbi-umbian seperti lengkuas dan jahe) dan hasil bumi lainnya.

Kegiatan jula-beli yang dilakukan di pasar Nglambang tidak hanya dilakukan oleh warga Puledagel saja, pedagang dari desa-desa sekitar seperti Patalan, Bacem, Gersi dan Gedangdowo turut meramaikan aktivitas perdagangan di pasar Nglambang.

Lokasi pasar yang berada di jalur strategis ini membuat pasar Nglambang mudah dijangkau dari berbagai arah. Pasar Nglambang terletak di pertigaan yang menghubungkan desa Seso dari arah selatan, desa Sayuran dari arah utara dan desa Tambaksari dari arah barat.

Editor  : Amin Mahrus Saifuddin

Foto     : Tim Grafis Bloranews.com

BACA JUGA :

KULINER BLORA : JAJAN PASAR BLORA, KUDAPAN NIKMAT PENUH NOSTALGIA

  • Bagikan