BERDEMOKRASI SEJAK DINI, MA MAARIF NU DOPLANG GELAR PEMILIHAN KETUA OSIM

Jati- Euforia demokrasi tak hanya terasa di 244 desa yang tahun ini mengikuti Pilkades Serentak Blora 2019. Bahkan, euforia demokrasi di lingkungan pelajar diekspresikan dalam pemilihan ketua organisasi siswa.
Pemilihan Ketua OSIM di MA Maarif NU Doplang

Pemilihan Ketua OSIM di MA Maarif NU Doplang

Fenomena ini terjadi salah satunya di MA Maarif NU Doplang. Di sini, pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) menjadi pembelajaran sekaligus ekspresi demokrasi. Dimana, tiap siswa menggunakan hak pilihnya.

“Tentunya, ada sejumlah tahapan yang dilalui para calon ketua OSIM. Meliputi pendaftaran, penelitian berkas, kampanye, debat antar kandidat dan akhirnya pencoblosan,” kata Ketua Panitia Pemilihan Ketua OSIM MA Maarif NU Doplang, Ahmad Nur Sholikin, Jumat (26/07).

Kredibilitas dan kompetensi calon Ketua OSIM MA Maarif NU Doplang ditunjukkan dalam kampanye serta debat terbuka yang difasilitasi panitia pemilihan. Para kandidat tampil mengesankan, lantaran telah ditempa dengan ekstakulikuler khitobah (pidato) yang ada di madrasah tersebut.

“Tema yang diangkat dalam debat adalah strategi kegiatan OSIM periode 2019/2020, bagaimana memajukan sekolah dengan prestasi, serta sejumlah gagasan lain. Mereka terbiasa khitobah, jadi ya ini merupakan pembuktian latihan khitobah yang digelar tiap Jumat,” kata Waka Kesiswaan MA Maarif NU Doplang, Shobirin.

Usai kampanye dan debat kandidat, tahapan puncak Pemilihan Ketua OSIM MA Maarif NU Doplang akhirnya digelar. Setelah dilakukan pemungutan suara, panitia akhirnya mengumumkan hasil perolehan suara tiap kandidat.

Berdasarkan hasil suara, panitia memutuskan Cindy Ayu Erlinda (16) kandidat dari Kelas XI IPS menjadi Ketua OSIM MA Maarif NU Doplang 2019/2020. Selanjutnya, Cindy dibantu ketua demisioner dan Waka Kesiswaan akan menyusun struktur organisasi siswa tersebut. (bst)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.