fbpx

BEREBUT JAJANAN USAI PAWAI OBOR, TRADISI 1 MUHARAM DI SENDANGWUNGU

  • Bagikan
Pawai Obor dalam rangka menyambut 1 Muharam 1440 di Desa Sendangwungu Kecamatan Banjarejo, Senin (10/09).

Banjarejo – Tradisi turun-temurun pawai obor dalam rangka menyambut 1 Muharam 1440 H digelar di Desa Sendangwungu Kecamatan Banjarejo. Kades setempat, memimpin langsung pelaksanaan tradisi ini, dan diikuti segenap masyarakat desa.

“Sebelum pemberangkatan,  dilakukan azan dilangsungkan iqamat, muazin Ahmad Sajad, dilanjutkan pembacaan do’a oleh KH Ahmad Nasihin,” terang Kades Sendangwungu, Indra Eko Sulistyono, Senin (10/09).

 

Pawai Obor dalam rangka menyambut 1 Muharam 1440 di Desa Sendangwungu Kecamatan Banjarejo, Senin (10/09).

 

Menurut Indra, pawai obor dalam rangka menyambut 1 Muharam sudah menjadi tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi. Pemerintah desa berharap, tahun depan kegiatan seperti ini akan berlangsung lebih meriah.

“Pawai obor dipercaya sebagai tolak balak. Sejak dulu sudah ada dan diselenggarakan warga, namun belum terkoordinir secara teratur seperti dua tahun belakangan ini,” lanjutnya.

Pemuda desa setempat, Ali Musyafa (25), memaparkan rute pelaksanaan pawai obor kali ini. Menurut Ali, pemberangkatan dimulai dari balai desa setempat. Selanjutnya, berisan ini berpawai mengelilingi desa.

  • Bagikan