fbpx

BEREDAR POSTER LARANGAN UNGGAH BERITA COVID-19, GANJAR : YANG HARUS DISEBARKAN ADALAH OPTIMISME

PERCEPAT TRANCKING DAN TESTING, GUBERNUR SIAPKAN BANTUAN ALAT LAB PCR
Ganjar Pranowo saat mengunjungi RSUD Batang.

Semarang – Poster ajakan untuk tidak mengunggah berita tentang COVID-19 bertebaran di media sosial. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menanggapi agar warga menyebarkan optimisme.

“Nggak, nggak tahu. Apa itu? Gini yang penting harus disebarkan adalah optimisme, jalan keluar, kisah inspiratif. Kalau pemberitaannya jangan menakut-nakuti, gitu lho. Kalau yang diceritakan yang serem-serem terus ya bikin orang takut,” ucap Ganjar ditemui di kantornya, Rabu (14/7).

Dirinya mencontohkan cerita optimisme seperti pedagang yang tetap berjualan, kisah orang yang menolong tetangga lewat Jogo Tonggo, atau cerita inspirasi orang yang tetap di rumah selama pandemi dan dia berkorban itu demi kebaikan.

“Kalau kemudian yang muncul cerita-cerita sekarang mati sekian, terus kemarin ditemukan kotak mayat yang ga ada isinya dan sebagainya, itu kan cerita-cerita yang kemudian orang akan bicara ini kok rumit semua, kan sangat jarang cerita ini lho sekian orang sembuhnya banyak,” tutur Ganjar.

Jarang ditemukan, lanjut Ganjar, cerita-cerita tentang kesembuhan atau fakta bahwa sebagian besar warga mulai paham dan mengedukasi diri tentang protokol kesehatan.

“Menurut saya, yang rasional, yang proporsional gitu, kurangi yang cerita serem-serem dan mengerikan gitu,” tegasnya.

Selain itu, Ganjar juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan hoaks atau berita-berita miring. Seperti yang baru-baru ini ramai, seorang yang mengaku dokter namun menyampaikan informasi yang kontradiktif dengan fakta.

“Nah yang seperti ini, ayo jaga diri, kita memang lagi tidak enak, kita lagi susah, kita berikan spirit-spirit semangat-semangat, kita semua lagi susah hari ini tapi kita musti memberikan semangat kepada masyarakat. Saya tahu itu sulit tapi kita harus lakukan,” tandasnya. (Jyk)