fbpx

BIDIK PELUANG WIRAUSAHA, PELAJAR SMP INSAN GEMILANG BELAJAR MERANGKAI BUNGA

  • Bagikan
Hasil rangkaian bunga pelajar SMP Insan Gemilang Mlangsen Kecamatan Blora Kota, Minggu (21/01).

Blora – Belajar wirausaha dimulai sejak usia dini. Inilah yang menjadi spirit bagi puluhan pelajar SMP Insan Gemilang di Desa Mlangsen Kecamatan Blora Kota belajar merangkai bunga, Minggu (21/01).

Dalam kegiatan ini, para pelajar ini dilatih oleh para tutor dari Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) Kabupaten Semarang yang berkantor di jalan Letjen Soeprapto nomor 05 Ungaran bekerja sama dengan Kelas Inspirasi Blora (KIB).

 

Hasil rangkaian bunga pelajar SMP Insan Gemilang Mlangsen Kecamatan Blora Kota, Minggu (21/01).

 

“Semua bunga yang digunakan dalam pelatihan ini adalah bunga asli, bukan bunga plastik. Kita berharap, latihan ini dapat memunculkan perangkai bunga terlatih. Ke depan akan ada banyak kompetisi merangkai bunga, dari tingkat Jawa Tengah hingga nasional,” ujar tutor pelatihan dari IPBI Kabupaten Semarang, Sawab.

Sebelum mulai berlatih merangkai bunga, terlebih dahulu para tutor bergantian memaparkan peluang usaha yang membutuhkan keahlian merangkai bunga.

“Di jaman sekarang, hampir di setiap pesta dibutuhkan para perangkai bunga profesional. Mulai dari acara keluarga seperti upacara kelahiran sampai kematian hingga kegiatan sektor swasta dan pemerintahan, semua menggunakan rangkaian bunga untuk mendekorasi ruangan,” lanjut Sawab di depan puluhan pelajar tersebut.

Sawab dan kawan-kawannya dari IPBI Kabupaten Semarang, kerap dibutuhkan keahliannya untuk membantu penataan rangkaian bunga pada acara-acara kenegaraan di Istana Kepresidenan.

“Dalam ketrampilan ini, yang dibutuhkan adalah jiwa seni dan kreativitas. Modal berlatih rangkaian bunga sangatlah murah, hanya floral foam, pot dan bunga. Merangkai bunga ini, cocok dipelajari semua kalangan, bukan hanya untuk wanita saja,” pungkasnya.

Peserta pelatihan merangkai bunga dari SMP Insan Gemilang, Yahya pelajar kelas VIII, dengan antusias mengikuti kegiatan ini.

“Ini latihan pertama saya dalam merangkai bunga. Kegiatan ini sangat menyenangkan, ini menjadi pengalaman baru di luar pelajaran sekolah,” komentarnya sambil memotong beberapa ranting bunga.

Penyunting : Alifiyanto Adhi

  • Bagikan