fbpx

BLORA DAPAT VAKSIN PMK TERBANYAK

Jawa Tengah mendapat alokasi vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sebanyak 75 ribu dosis. Blora mendapat dosis vaksin terbanyak, yaitu 11 ribu vaksin. Vaksinasi PMK dimulai hari ini, Senin (27/6).
Vaksinasi PMK hewan.

Blora, BLORANEWS – Jawa Tengah mendapat alokasi vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sebanyak 75 ribu dosis. Blora mendapat dosis vaksin terbanyak, yaitu 11 ribu vaksin. Vaksinasi PMK dimulai hari ini, Senin (27/6).

“Blora mendapat vaksin terbanyak, 11 ribu. Karena dari persiapan tim medis dan juga populasi sapi di Kabupaten Blora kan sangat banyak,” terang Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen saat meninjau vaksinasi PMK di Blora.

BACA JUGA :  GUBERNUR GANJAR: HATI-HATI, HEWAN KURBAN POTENSI TERTULAR PMK

Taj mengimbau kepada masyarakat agar memastikan hewan ternak yang akan dijual tidak ada gejala apapun. Jika terjadi gejala segera untuk dilaporkan di dinas terkait. Pihaknya juga mengapresiasi warga Blora yang berinisiasi membuat ramuan sendiri.

“Kemarin-kemarin vaksin belum ada, ini warga Blora malah membuat ramuan sendiri. Bahannya dari jahe, binaho, pace dan lainnya. Ini semua dalam rangka untuk menanggulangi kasus PMK di Jateng. Mari kita bersama sama untuk menjaga,” tambahnya.

BACA JUGA :  TIGA SAPI BLORA JADI KORBAN PMK

Terpisah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menginstruksikan agar seluruh vaksin dihabiskan dalam waktu sepekan. 75 vaksin akan diberikan kepada semua hewan yang beresiko terkena PMK. Penyuluh, peternak dan masyarakat diminta untuk mendata hewan yang akan divaksin.

“Vaksin sekitar 1.500 dan saya terus kontak ke Sekjen Kementan, lalu dikasih 75ribu vaksin. Kita mintakan pekan ini disuntikkan semuanya, harus selesai,” kata Ganjar saat berkegiatan di Magelang, Senin (27/6). (Jam).

BACA JUGA :  1.500 DOSIS VAKSIN PMK SIAP DISEBAR BESOK