fbpx

BLORA MUDA : NAIS SEPTIANI, PEMANGKU ADAT SAKA BHAYANGKARA BLORA

  • Bagikan
Nais Septiani
Nais Septiani bangga berseragam Pramuka Saka Bhayangkara Blora

Blora- Saka Bhayangkara merupakan sebuah satuan di Pramuka yang bekerja sama dengan Kepolisian. Aktivitas umum dari Saka Bhayangkara adalah melatih pramuka dengan keahlian-keahlian semi-kepolisian semisal pengaturan lalu lintas dan penanganan Search and Rescue (SAR). Salah satu anak muda Blora aktif di Saka Bayangkara adalah Nais Septiani. Kini Nais Septiani bertugas sebagai pemangku adat Saka Bhayangkara Polsek Blora Kota.

Nais Septiani
Nais Septiani bangga berseragam Pramuka Saka Bhayangkara Blora

Nais, panggilan akrab Nais Septiani lahir di Blora tanggal 22 September 1999. Saat ini Nais tengah duduk di kelas XII / Akuntansi SMK Negeri 2 Blora. Sejak belajar di SMP, Nais telah memiliki keinginan untuk bergabung dengan Saka Bayangkara. Namun, harapannya tersebut tercapai ketika anak semata wayang ini duduk di kelas X SMK.

Saka Bhayangkara Polsek Blora Kota memiliki tradisi yang menarik. Untuk menjadi anggotanya, para calon anggota harus menjalani serangkaian ujian demi mendapatkan badge merah sebagai tanda sah menjadi anggota. Penempuhan badge merah ini menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Nais.

“Penempuhan badge merah sangatlah berat bagi para calon anggota. Kita harus berjalan (long march) sejauh hampir 80 kilometer. Tapi saya berhasil menjalani ujian tersebut walaupun sempat tepar di tengah perjalanan” tutur Nais.

Awal ketertarikan Nais bergabung dengan Saka Bhayangkara adalah saat dia dilatih oleh para anggota Saka Bhayangkara yang berseragam lengkap dan terlihat gagah. Ketertarikan ini berlanjut dengan bergabung di dalamnya.

Tidak hanya aktif di Blora, Nais juga pernah mengikuti berbagai agenda regional. Salah satu agenda yang pernah diikuti Nais adalah PERSABHARA Daerah Jawa Tengah tahun 2014. Dalam agenda tersebut, Nais dan tim Saka Bhayangkara Polsek Blora Kota berhasil merebut gelar juara 2 dalam lomba cerdas cermat se- Kwarda Jawa Tengah.

Nais mengajak para kawula muda Blora untuk tertib dalam berlalu lintas. “Anak muda seharusnya menjadi pelopor dalam tertib berlalu lintas, terutama para anggota Saka Bhayangkara. Karena, kebiasaan baik harus di mulai selagi muda dan harus dimulai dari lingkungan terdekat” pungkasnya.

Reporter          : Khoirunniam

Foto                 : Dokumentasi Nais Septiani

banner 120x500
  • Bagikan