fbpx

BLORA PRODUKSI APD DARI BAHAN KAIN SPUNBOND

  • Bagikan
APD berbahan dasar kain spunbond produksi BLK Blora
APD berbahan dasar kain spunbond produksi BLK Blora

Blora- Balai latihan kerja (BLK) Blora memproduksi alat pelindung diri (APD) berbahan dasar kain spunbond. Langkah produksi ini dilakukan lantaran terjadi kelangkaan APD di pasaran yang sedianya merupakan kelengkapan standar untuk petugas medis.

APD berbahan dasar kain spunbond produksi BLK Blora
APD berbahan dasar kain spunbond produksi BLK Blora

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Blora, Purwadi Setiono mengungkapkan, produksi APD mandiri ini telah dikerjakan mulai hari Selasa (31/03) kemarin. Pengadaan bahan APD merupakan hasil patungan dari Dinas Kesehatan, RSUD Blora, dan RSUD Cepu, Kamis (02/04).

“Jadi BLK tinggal menjahit. Menurut informasi bahan ini tidak ada di Blora, beli dari Surabaya dan Solo,” terangnya.

Dikutip dari bahankain.com, kain spunbond adalah bahan kain yang biasa digunakan untuk menggantikan plastik dan kertas yang sering digunakan untuk shooping bag, goodie bag dan souvenir. Bahkan bahan spunbond merupakan bahan yang higienis, nyatanya bahan ini  digunakan dalam dunia kesehatan, yaitu untuk pembuatan masker, tutup kepala dan pampers disposable. 

Pemilihan kain ini didasarkan pada sifatnya yang ramah lingkungan karena bahan ini bisa untuk di daur ulang. Bahkan penggunakan bahan ini sebagai shoping bag sudah sangat popular dikarenakan penggunaan plastik sudah mulai dibatasi.

Kain Spunbond dibuat dengan cara mekanik, termal atau proses kimia. spunbond atau istilah lainnya polypropylene merupakain kain non woven yang pada umumnya memliki tekstur sedikit kaku, halus dan berserat rapat, sehingga cukup kuat. 

Kain ini mempunyai ketebalan beragam dari 25 gr hingga 100 gr. Semakin besar ketebalan yang ada, maka kain ini semakin tebal dan kuat. Sebelumnya, BLK Blora membuat masker yang kemudian dibagikan kepada masyarakat secara gratis. Sedangkan untuk APD ini, akan dibagikan kepada petugas medis. (Jyk)

  • Bagikan