BUNTUT PSU DI DESA KAPUAN TPS 2, 2 ANGGOTA KPPS TERANCAM PIDANA

Blora- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora mengulang pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 2 Desa Kapuan Kecamatan Cepu, Blora hari ini. Pasalnya ada dua anggota KPPS TPS tersebut yang mencoblos dua kali. Minggu (13/12).

 

BUNTUT PSU DI DESA KAPUAN TPS 2, 2 ANGGOTA KPPS TERANCAM PIDANA

Pemungutan Sura Ulang di TPS 2 Desa Kapuan Kecamatan Cepu

 

Anggota Bawaslu Kabupaten Blora Divisi Penanganan dan Penindakan Pelanggaran Pilkada, Sugie Rusyono mengungkapkan selain pelanggaran administrasi, kedua KPPS tersebut juga terancam pelanggaran pidana.

“Selain administrasi, pada pasal 178 B Jo 178 C ayat 1 dan 3 penggunaan surat suara lebih dari satu kali, KPPS itu melanggar Pidana Pemilu dengan ancaman penjara 36 bulan,” terangnya.

Sugie menambahkan, sebelumnya Bawaslu telah memberkan rekomendasi kepada KPU Blora untuk melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Hal tersebut berdasarkan temuan dari pengawas TPS 2 yang menemukan anggota KPPS mencoblos lebih dari satu kali. 

“Berdasarkan Pasal 112 Undang Undang Pemilu tahun 2016, bahwa jika di TPS ada yang mencoblos lebih dari satu kali, dilakukan PSU, di Peraturan KPU juga diatur. Jadi kita memberikan rekomendasi ke KPU untuk melaksanakan PSU,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota KPU Blora Divisi Hukum dan Pengawasan Naelina Paramita Najati mengaku jika pihaknya sudah memberhentikan anggota KPPS tersebut. Sehingga secara otomatis PSU dilaksanakan oleh lima anggota KPPS yang tesisa. 

“Untuk pelaksanaan PSU sendiri kita sudah memberikan undangan lagi kepada semua pemilih di TPS 2. Ada 415 pemilih sesuai di DPT. Mudah mudahan seperti kemarin, dengan tingkat kehadiran 77 persen syukur lebih,” pungkasnya. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan