fbpx

BUPATI BLORA APRESIASI MAHASISWA UNAIR UNTUK BANTU ATASI PMK

BUPATI BLORA APRESIASI MAHASISWA UNAIR UNTUK BANTU ATASI PMK
Sejumlah Mahasiswa UNAIR akan terhun ke sejumlah desa untuk membantu menangani PMK,

BLORA  – Bloranews, Bupati Blora apresiasi dengan terjunnya 30 mahasiswa Unair Surabaya ke Blora untuk membantu pengobatan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Sapi.

‘’Atas nama Pemkab saya benar-benar apresiasi apa yang  dilakukan oleh Unair untuk Blora,’’  tandas Bupati Blora,  H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, Senin (13/06/2022)

Puluhan mahasiswa, termasuk  juga dua profesor (sebagai pembimbing lapangan) dari salah satu Universitas ternama di Jawa Timur itu, selama dua hari berturut-turut (13-14 Juni 2022) akan terjun ke 10 desa di Blora yang masuk kategori desa prioritas suspect PMK.

BACA JUGA :  BLORA BEBAS WABAH PMK

Masing-masing Desa Pengkolrejo, Kecamatan  Japah, Desa Nglengkir,  Kecamatan Bogorejo, Desa Kalen Kecamatan  Kedungtuban,  Desa Gempolrejo,  Kecamatan Tunjungan,  Desa Jati,  Kecamatan Jati, Desa  Jiken, Kecamatan Jiken, Desa Jagong,  Kecamatan Kunduran, Desa Jegong,  Kecamatan Jati, Desa.Talokwohmojo,  Kecamatan Ngawen dan Desa Kalisari, Kecamatan Randublatung.

Didesa tersebut sejumlah mahasiswa akan membuat percontohan  membuat desinfektan, penyemprotan lantai dan dinding kandang dengan larutan kaporit, penyemprotan mukosa mulut ternak penderita PMK dengan  larutan Betadine 0,05%  dan penyemprotan kuku ternak penderita PMK dengan  larutan Cupri Sulfat Termasuk melakukan tindakan medis berupa  penyuntikan antibiotik dan atau vitamin.

BACA JUGA :  WASPADA! PENYAKIT MULUT DAN KUKU HEWAN TERNAK

Selain itu juga akan melakukan edukasi kepada para peternak, diantaranya soal perlunya memisahkan ternak yg sakit PMK dengan ternak sehat.  Termasuk sosialisasi bahwa  PMK tidak menular ke manusia.

Juga edukasi bahwa PMK pada sapi  menular ke ternak lain melalui barang atau orang yang keluar masuk kandang. Untuk itu harus dilakukan penyemprotan desinfektan.   (ads)

BACA JUGA :  TANGANI PMK, PEMPROV JATENG TERJUNKAN TIM PENYULUH