fbpx

BUPATI LARANG WARGA BLORA IKUT AKSI SOLIDARITAS ROHINGYA DI MAGELANG

  • Bagikan

Blora – Djoko Nugroho, Bupati Blora melarang warga Blora mengikuti aksi solidaritas Rohingya di Candi Borobudur, Magelang. Bupati menilai aksi solidaritas itu merupakan provokasi untuk menyudutkan agama tertentu.

Kapolres Blora mendukung larangan Bupati Blora ini, ia berpendapat bahwa aksi solidaritas Rohingya di Magelang rawan ditunggangi kepentingan golongan tertentu dan berpotensi menggiring aksi ini ke arah isu SARA.

 

Bupati Blora pada Rapat Koordinasi Forkompimda bersama FKUB Blora di Kantor Kementerian Agama Blora, Rabu (06/09).

 

“Kita sepakat, bahwa apa yang terjadi pada saudara saudara Rohingya di Myanmar adalah krisis kemanusiaan. Tidak ada sangkut pautnya dengan agama, sehingga saya minta seluruh warga Blora jangan mudah terprovokasi untuk mengikuti aksi aksi yang menyudutkan agama tertentu,” himbau Bupati Blora pada Rakor Forkompimda – FKUB Blora di Aula Kemenag, Rabu (06/09).

Bupati Blora menyatakan keprihatinannya atas tragedi yang terjadi dan mengajak seluruh umat beragama di Kabupaten Blora untuk bersama-sama memberikan bantuan yang manfaatnya bisa langsung dirasakan kaum Rohingya. Salah satunya dengan mendirikan posko bantuan dan menggelar acara doa bersama, bukan aksi demo.

AKBP Saptono, Kapolres Blora menegaskan bahwa apa yang terjadi pada kaum Rohingya merupakan krisis kemanusiaan akibat adanya masalah intern di negara tersebut, bukan masalah agama. Seluruh umat beragama di Blora diminta tidak terprovokasi untuk mengikuti aksi di Magelang yang rawan ditumpangi oleh kepentingan tertentu sehingga berpotensi digiring ke isu SARA.

“Demo di Candi Borobudur tidak diijinkan, karena ini merupakan situs cagar budaya dan dilarang oleh undang-undang. Tragedi krisis kemanusiaan di Myanmar tidak ada hubungannya dengan Candi Borobudur. Jadi kalau niatnya ingin membantu saudara kita Rohingya, lebih baik kita doakan di tempat ibadah masing-masing atau mengirimkan donasi bantuan kesana,” ujar AKBP Saptono

Sahal /Humas Polres Blora

  • Bagikan