fbpx

BUPATI TEBAR 12 RIBU EKOR BENIH IKAN DI BENDUNGAN RANDUGUNTING JAPAH

Bendungan Randugunting, Desa Kalinanas, Kecamatan Japah mulai ditaburi benih ikan. Tak tanggung-tanggung, totalnya mencapai 12 ribu ekor. Ditebar sendiri oleh Bupati Blora, Arief Rohman dari dermaga apung dengan didampingi Sekda Komang Gede Irawadi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Hariyanto, Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4), Gundala Wijasena dan OPD terkait.
Bupati tebar benih ikan di Bendungan Randugunting.

Blora– Bendungan Randugunting, Desa Kalinanas, Kecamatan Japah mulai ditaburi benih ikan. Tak tanggung-tanggung, totalnya mencapai 12 ribu ekor. Ditebar sendiri oleh Bupati Blora, Arief Rohman dari dermaga apung dengan didampingi Sekda Komang Gede Irawadi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Hariyanto, Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4), Gundala Wijasena dan OPD terkait.

“Alhamdulillah, setelah diresmikan Pak Presiden awal Januari lalu, kini airnya semakin banyak dan mulai terlihat luas genangannya. Bahkan tadi di jembatan baru yang dari Gaplokan menuju Kalinanas juga sudah ada genangannya luas. Untuk itu kita lakukan tebar ikan bersama DP4 agar segera tercipta ekosistem perairan darat disini,” ucap Bupati Arief Rohman.

BACA JUGA :  BENDUNGAN RANDUGUNTING DITARGETKAN NOVEMBER AKAN DIRESMIKAN PRESIDEN

Total benih ikan yang ditebar ada 2 ribu ekor. Mulai ikan nila dan ikan patin. “Kita berharap ikan-ikan ini bisa tumbuh besar. Kelak bisa menjadi alternatif tempat pemancingan bagi masyarakat umum. Saya lihat tadi juga mulai ada yang mancing di dekat jembatan sana. Tolong Pak Kades bersama pengelola bisa melarang penangkapan ikan dengan jaring atau racun, boleh ambil ikan tapi dengan cara dipancing,” lanjutnya.

BACA JUGA :  205 HEKTAR PEMBEBASAN LAHAN BENDUNGAN RANDUGUNTING DILAKUKAN BULAN MARET

Bupati yakin, Bendungan Randugunting ini, kedepan akan mampu menjadi daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Blora. Mampu membangkitkan geliat ekonomi masyarakat sekitarnya.

Kepala DP4, Gundala Wijasena menerangkan, total benih ikan yang ditebar ada 12 ribu ekor. Untuk Ikan Nila sebanyak 10 ribu ekor. Sedangkan Ikan Patin ada 2 ribu ekor.

“Perikanan di Kabupaten Blora memang terus kita galakkan. Selain untuk menunjang pengembangan perikanan, juga untuk mempermudah masyarakat memperoleh ikan. Untuk menunjang pemenuhan gizi. Karena dengan makan ikan, bisa untuk mencegah stunting,” ujar Gundala.

BACA JUGA :  BENDUNGAN RANDUGUNTING JADI TEMPAT PERINGATAN HAD 2022

Sementara itu, Hendrawati perwakilan BBWS Pemali Juana selaku pengelola Bendungan Randugunting mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi dukungan Pemkab Blora dalam pengembangan perikanan di lokasi tersebut.

“Setelah dulu diberi indukan ikan oleh Presiden, dan pekan lalu dilepasi ikan juga oleh Pak Wamen PUPR. Kini ditambah 12 ribu ekor benih ikan oleh Pak Bupati dan rombongan. Semoga ikan-ikannya bisa tumbuh besar dan menjadi ekosistem perikanan yang sehat dan bermanfaat bagi kelangsungan bendungan, hingga masyarakat,” ucap Hendrawati. (ADS)