fbpx

CABAI MAHAL, PEDAGANG MIE DAN BAKSO DAPAT SUBSIDI

AWAL RAMADHAN, HARGA CABAI MERAH MENGALAMI PENURUNAN
Ilustrasi

Semarang, BLORANEWS – Melejitnya harga cabai dan bawang merah di pasaran membuat para pedagang kerepotan. Utamanya para pedagang mie dan bakso yang membutuhkan komoditas tersebut dengan jumlah besar.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Ketahanan Pangan telah memberikan subsidi kepada para pedagang mie dan bakso berupa kemudahan membeli langsung ke petani.

“Jadi, Pemprov memberikan subsidi melalui CSR Bank Jateng. Caranya, Pemprov melalui Citra Mandiri Jateng (CMJT) salah satu BUMD membeli cabai Rp 65 ribu per kilogram dan bawang merah Rp 45 ribu per kilogram. Lalu, dijual ke pedagang mie dan bakso lebih rendah atau turun Rp 5.000 per kilogramnya. Nah, biar petani juga untung, dari kita juga memberikan tambahan Rp 1.500 per kilogramnya. Istilahnya uang transport pengiriman barangnya,” jelas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jateng Dyah Lukisari, Jumat (15/7).

BACA JUGA :  HARGA CABAI DAN BAWANG MELAMBUNG TINGGI DI PASARAN

Langkah itupun mendapatkan respon positif dari para pedagang Mie dan Bakso. Seperti yang disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso Seluruh Indonesia (Apmiso), Lasiman.

“Iya, pedagang mie dan bakso bisa membeli cabai dan bawang merah langsung ke petani dengan harga jauh lebih murah,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, Pemprov Jateng telah menurunkan harga cabai dan bawang merah ke konsumen besar senilai Rp 15 ribu/kg. Yang mulanya harga cabai diangka Rp 75 ribu/kg, kini menjadi Rp 60 ribu/kg. Pun dengan harga bawang merah, yang awalnya Rp 60 ribu/kg, kini menjadi Rp 45 ribu/kg. (Kin). 

BACA JUGA :  HARGA CABAI DAN BAWANG MELAMBUNG TINGGI DI PASARAN