fbpx

CANANGKAN KAMPUNG KB, BUPATI KEMBALI INGATKAN PENTINGNYA PROTOKOL KESEHATAN

pencanangan kampung KB
Bupati Blora, Djoko Nugroho saat menghadiri acara peresmian Pencanangan Kampung KB di Kecamatan Ngawen

Ngawen – Bupati Blora, Djoko Nugroho menghadiri peresmian pencanangan 15 Kampung KB, Melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dindalduk KB) Pemerintah Kabupaten Blora menggelar acara yang dipusatkan di Kecamatan Ngawen. (14/10)

 

pencanangan kampung KB
Bupati Blora, Djoko Nugroho saat menghadiri acara peresmian Pencanangan Kampung KB di Kecamatan Ngawen

 

Bupati dalam sambutannya mengatakan tujuan dicanangkannya Kampung KB untuk menciptakan generasi yang berkualitas, masyarakat bisa merencanakan pernikahan, membentuk keluarga yang sehat dan mencegah stunting.

“Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, kita harus pandai merencanakan pembangunan keluarga agar kita dapat bertahan di masa sulit, dan tercipta generasi berkualitas,” tegas Djoko Nugroho.

Dalam kesempatan yang sama, Djoko Nugroho kembali mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemic Covid-19.

“Ingat 3M! Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, dan Menjaga jarak,” pungkasnya.

Sementara itu, Achmad Nurhidayat, Kepala Dindalduk KB Kabupaten Blora menerangkan bahwa Kampung KB yang sudah dicanangkan di Blora sebanyak 185 desa dari total 295 desa/kelurahan, dirinya mengklaim bahwa jumlah ini terbanyak se-Indonesia.

“Namun demikian, angka itu tidak ada artinya bila tidak dibarengi dengan kualitas yang baik. Kampung KB harus bisa menyejahterakan dan menyehatkan masyarakat setempat,” jelasnya.

Camat Ngawen, Minar Ami, melaporkan jika Program KB di Kecamatan Ngawen sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya. Seluruh desa di Kecamatan Ngawen sudah melaksanakan pelayanan kesehatan bagi warga.

“Pelayanan kesehatan meliputi sosialisasi pembinaan program KB, pemasangan alat kontrasepsi, pemeriksaan kesehatan ibu dan anak sudah berjalan dengan baik,” terang Camat Ngawen.

Menurutnya, selain untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, pelayanan kesehatan ini juga untuk menekan angka kematian ibu dan anak.

Lima belas Kampung KB yang diresmikan adalah Kampung KB Desa Wantilgung, Bogowanti, Sambongrejo, Gotputuk, Karangjong, Srigading, Bradag, Talokwohmojo, Plumbon. Sendangrejo, Jetakwanger, Karangtengah, Sambonganyar, Kendayaan, dan Kedungsatriyan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala DPUPR Kabupaten Blora, Forkopimcam Ngawen, dan Ketua TP PKK Kecamatan Ngawen. (jyk)

 

Baca juga : 

VIRAL VIDEO JOGET TAK BERMASKER, DJOKO NUGROHO SAMPAIKAN PERMINTAAN MAAF

TANGGAPI VIDEO BUPATI JOGET TAK BERMASKER, DASUM : KITA HARUS MEMBERIKAN CONTOH