fbpx

CEGAH INTERVENSI POLITIK, SIMPATISAN CALEG PDIP KIRIM KARANGAN BUNGA KE KPU BLORA

Blora, BLORANEWS – Simpatisan Caleg PDIP mengirim karangan bunga ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora. Dalam karangan bunga tersebut tertuliskan pesan yang berbunyi, “KPU Jangan Mau di Intervensi”.

Dijelaskan salah seorang perwakilan simpatisan caleg PDIP Herman Widya Raharja (57), karangan bunga tersebut merupakan bentuk dukungan kepada KPU agar bekerja sesuai aturan yang berlaku.

“Kami warga masyarakat Blora, meminta kepada KPU supaya netral dalam pelaksanaan pemilu, tidak mau diintervensi oleh pihak manapun dalam pelaksanaan pemilu 2024,” jelasnya usai meletakkan karangan bunga didepan kantor KPU Blora, Jumat (19/4/2024).

Dalam hal ini, Herman berharap agar penetapan anggota DPRD terpilih berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Yakni, dengan menetapkan caleg yang memiliki perolehan suara terbanyak.

“Harapannya yang besok dilantik adalah caleg yang mendapatkan suara terbanyak, itu harapan kami. Bukan, berdasarkan aturan internal partai,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua KPU Blora Widi Nurintan Ari Kurnianto mengucapkan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan berupa pemberian karangan bunga kepada KPU Blora.

Untuk penetapan caleg terpilih, lanjut Widi, pihaknya akan mengumumkan sesuai dengan peraturan yang ada. Yakni sesuai dengan PKPU nomor 6 Tahun 2024.

“Kita akan menetapkan sesuai dengan perolehan terbanyak dalam parpol tersebut. Akan tetapi kita tidak boleh lupa bahwa sesuai dengan Undang-Undang Pemilu nomor 7 tahun 2017, bahwa peserta pemilu itu adalah partai politik,” jelasnya.

“Kalau ada permasalahan di internal partai, silahkan diselesaikan terlebih dahulu secara internal di parpol tersebut. Kemudian secara otomatis di parpol itu juga ada mahkamah partai. Nanti bisa diselesaikan terlebih dahulu di mahkamah partai,” lanjutnya. (Dj)