CICIPI BUAH ALKESA BLORA, GANJAR: DULU SAYA SERING MAKAN INI!

Blora- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo seakan bernostalgia saat mengunjungi stand Blora di Festival Buah Jawa Tengah 2020 di Alun-alun Bung Karno Ungaran, Minggu (08/03) kemarin. Di stand ini, Ganjar mencicipi buah Alkesa.

 

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mencicipi buah Alkesa di stand Blora dalam Festival Buah Jawa Tengah 2020

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mencicipi buah Alkesa di stand Blora dalam Festival Buah Jawa Tengah 2020

 

“Saya saat kecil dulu makan ini, tapi sekarang sudah sulit didapat. Alkesa atau sawo belanda ini menarik rasanya,” ucapnya.

Dalam Festival Buah Jawa Tengah 2020 tersebut, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Blora memamerkan sejumlah komoditas hortikultura ungulan seperti kelengkeng kateki, jambu kristal, pepaya, durian, buah naga, alpukat, dan Alkesa alias Sawo Belanda.

“Rasanya seperti ada ketela munthul, ada pisangnya. Atau mungkin ini perselingkungan antara pisang, papaya, ketela munthul, ada seret-seretnya,” canda Ganjar.

Sementara, Kepala DPKP Blora, Reni Miharti mengungkapkan, buah Alkesa di Blora banyak dibudidayakan di lahan pertanian yang ada di wilayah Desa Tempuran Kecamatan Blora Kota. Tak hanya unik dalam rasa, buah ini juga kaya nutrisi.

“Masih banyak pengunjung yang datang dan penasaran dengan alkesa yang betakarotennya tinggi bagus untuk kesehatan,” ujarnya.

Dalam festival tersebut, sejumlah komoditas unggulan Blora juga banyak diminati pengunjung. Menurut Reni, Hal ini menandakan bahwa buah-buahan Blora tidak kalah bersaing dengan komoditas kota lain. (arf)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan