fbpx

CIPTAKAN DESA BERDIKARI, NGLAROHGUNUNG GELAR TOT FASILITATOR

Lumbung Kreasi Nusantara dan Pemerintah Desa Nglarohgunung menyelenggarakan ToT fasilitator dan optimalisasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Tujuannya untuk peningkatan kapasitas para calon agen-agen perubahan Desa Nglarohgunung.
Humas Lumbung Kreasi Nusantara (LKN), Kusnowi.

Jepon – Lumbung Kreasi Nusantara dan Pemerintah Desa Nglarohgunung menyelenggarakan ToT fasilitator dan optimalisasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Tujuannya untuk peningkatan kapasitas para calon agen-agen perubahan Desa Nglarohgunung.

Humas Lumbung Kreasi Nusantara (LKN), Kusnowi mengaku, program ToT ini merupakan salah satu rangkaian program Desa Berdikari yang diikuti oleh para pemangku kebijakan dan kepentingan Desa tersebut.

“Ini merupakan salah satu rangkaian program Desa Berdikari yang inisiasi secara kolaboratif. Program ini diwujudkan dalam serangkaian aktivitas kreatif berbasis penelitian, pendampingan dan juga aksi yang diimplementasikan secara partisipatif dan kolaboratif,” terangnya, Rabu (2/3).

BACA JUGA :  BUMDes BACEM RINTIS USAHA JAMU JAWA

Menurutnya, Program Desa Berdikari ini merupakan upaya strategis menuju Desa Nglarohgunung yang mampu penciptaan ekonomi baru dalam mengoptimalkan potensi Desa dengan memberdayakan masyarakat Desa.

Berikutnya, untuk penciptaan ruang-ruang ekonomi yang berbasis potensi Desa. Baik itu sektor ekonomi kreatif maupun sektor-sektor kerja lainnya yang difasilitasi oleh Bumdes Desa dan Pemerintah Desa.

BACA JUGA :  PEDULI ANAK YATIM, BUMDes NAWA KARTIKA BUANA SIDOMULYO ADAKAN SANTUNAN

“Upaya ini merupakan perwujudan dari sebuah gagasan yang mengutamakan kreativitas, ide dan gagasan masyarakat dengan daya dukung ekosistem kerja yang baik,”tambahnya

Dengan mengutamakan Inisiatif, Produktif, Inovatif dan berkelanjutan diharapakan dapat mempercepat peningkatan ekosistem kerja-kerja kreatif berbasis potensi Desa yang dapat menjadi daya dorong Desa Nglarohgunung menjadi desa yang berdikari dan kreatif di Kabupaten, Blora.

BACA JUGA :  PROSPEK MENGGIURKAN, BUMDES NGLOBO RENCANAKAN BUDI DAYA IKAN AIR TAWAR

Ketua Bumdes Eka Putra Sejahtera Desa Nglarohgunung, M. Munasir menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan dalam 3 tahapan selama 3 hari. Dimulai dengan ToT Failitator, Optimalisasi Unit Kerja Bumdes Nglarohgunung dan ditutup dengan presentasi ide dan gagasan.

“Program Desa Berdikari penting diselenggarakan di Desa Nglarohgunung. Ini untuk meningkatkan kapasitas SDM dan potensi Desa untuk di kembangkan oleh masyarakat Desa Nglarohgubung,” tegasnya. (Sub).