fbpx

DAMPINGI PRESIDEN, MENTERI PUPR: PEMBANGUNAN RANDUGUNTING SELESAI LEBIH CEPAT

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basoeki Hadimoeljono meresmikan Bendungan Randugunting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Rabu (05/01). 
Suasana Peresmian Bendungan Randugunting

Japah- Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basoeki Hadimoeljono meresmikan Bendungan Randugunting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Rabu (05/01). 

Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono menyampaikan bahwa pembangunan Bendungan Randugunting selesai lebih cepat dari kontrak seharusnya.

“Bendungan ini bisa selesai lebih cepat 10 bulan dari kontrak yang jatuh pada tahun 2022. Bendungan ini sudah sejak tahun 1990-an direncanakan untuk menambah suplai air bagi daerah kering di Kabupaten Blora dan sekitarnya. Akhirnya pembangunan dapat dikerjakan pada 2018 dan selesai di awal 2022 tanpa kendala teknis untuk konstruksi dan sosial dalam pembebasan lahan,” ucapnya.

BACA JUGA :  RATUSAN WARGA PENUHI JALAN INGIN BERTEMU PRESIDEN JOKOWI

Ia juga menambahkan, Bendungan Randuguting memiliki potensi sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan sistem solar panel.

“Bendungan ini memiliki potensi untuk solar energi. Jadi kita akan coba memasang floating solar panel di bendungan. Saat ini kita punya 231 bendungan, jika ditambah 61 bendungan yang akan selesai 2024, kita akan punya 292 bendungan. Jika semua kita pasang floating solar panel, energi terbarukan akan bisa berkembang (dari bendungan),” tambahnya. (Kin).

BACA JUGA :  BERTEMU JOKOWI, BUPATI ARIEF SAMPAIKAN PROSES PEMBANGUNAN BENDUNGAN KARANGNONGKO