fbpx

DEKRANASDA BLORA EXPO 2018 DIBUKA, AYO LIHAT ADA APA SAJA DISANA

  • Bagikan
Ketua Dekranasda kab. Blora sedang meninjau di salah satu stand Dekranasda expo 2018

Blora – Berbagai produk kerajinan di Kabupaten Blora dipamerkan dalam event nasional Dekranasda Blora Expo 2018 yang dibuka Bupati Blora Djoko Nugroho tadi siang, Selasa (27/02). Acara yang bertempat di GOR Mustika Blora ini, digelar mulai 27 Februari hingga 4 Maret 2018 atau selama 6 hari.

 

Ketua Dekranasda kab. Blora sedang meninjau di salah satu stand Dekranasda expo 2018

 

Ada 10 claster yang dipamerkan dan dijual, mulai produk Usaha Kecil Menangah (UKM), otomotif, alat kesehatan pertanian, kuliner dan wahana mainan anak.

“Untuk mengenalkan produk kerajinan UKM di Blora, ada 100 stan terdiri 65 indor dan 35 outdor. Peserta yang ikut dari 10 Provinsi dan 20 kabupaten/kota,” ucap Umi Kulsum, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Blora, dalam sambutannya.

Event ini, juga dalam rangka HUT Dekranasda ke 38 tahun. Untuk memeriahkannya, berbagai lomba dan kegiatan digelar. Mulai pentas seni dan lomba cipta souvenir ciri khas Blora, bhakti sosial donor darah dan sosialisasi karies gigi PDGI Jateng dan Blora. Ditambah jalan sehat dengan disediakan 10.000 tiket pada Jumat 2 Maret 2018.

“Kami undang semua pelaku UKM yang ada di Blora agar mereka berlatih berani tampil dalam pameran. Sehingga produk-produk yang dihasilkan bisa lebih dikenal dan diminati masyarakat. Akhirnya sektor ekonomi mereka akan tumbuh positif. Ini yang kita harapkan,” lanjut istri Bupati itu.

Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho mengapresiasi digelarnya Dekranasda Blora Expo 2018. Menurutnya ini langkah jitu untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan adanya pameran ini, maka produk kerajinan UKM akan semakin dikenal luas dan banyak menarik konsumen. Sehingga bisa menyerap tenaga kerja,” ungkapnya.

Kata Bupati, pertumbuhan ekonomi di Blora saat ini sangat dipengaruhi sektor pertanian dan perdagangan. Untuk perdagangan, berasal dari produk-produk UKM dari masyarakat. Sedangkan migas masih kecil porsinya dalam APBD.

“Kami sangat mendukung adanya pengembangan UKM, salah satunya dengan mengadakan pameran seperti ini.

Secara simbolis Expo dibuka pemotongan pita di pintu masuk GOR oleh Bupati dengan disaksikan jajaran Forkopimda, Pembina Dekranasda tingkat Kecamatan, OPD, dan para pelaku UKM Blora. Dilanjutkan dengan meninjau stand peserta pameran.

Reporter : Ngatono

  • Bagikan