fbpx

DESA SEMPU, MANFAATKAN LAHAN PEKARANGAN SEBAGAI KEBUN GIZIKELUARGA

  • Bagikan
pemanfaatan lahan pekarangan
Pemanfaatan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan yang berkualitas, bergizi dan aman Foto : Rumah Zakat

Kunduran  Pemerintah Desa Sempu Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora bersama Relawan Inspirasi Rumah Zakat baru-baru ini menggalakkan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan rumah sebagai kebun gizi keluarga.

pemanfaatan lahan pekarangan
Pemanfaatan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan yang berkualitas, bergizi dan aman Foto : Rumah Zakat

Suwarno Kepala Desa Sempu mengatakan pihaknya akan memberdayakan dan menghidup kan kembali kelompok-kelompok rumah tangga yang dulu sudah terbentuk. Nantinya, setiap rumah yang ada di Desa Sempu mampu menanamtanamansayuransepertisawi, bungakol, cabai, seledri, maupunlainnya.

“Pemanfaatan lahan pekarangan rumah tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat mampu memenuhi kebutuhan pengannya secara berkualitas, bergizi dan aman,” terangnya.

Sementara itu, Tulus Prihadi Relawan Inspirasi Rumah Zakat  ICD Sempu mengungkapkan pemanfaatan lahan pekarangan rumah menjadi satu diantara alternatif mewujudkan kemandirian pangan dalam rumah tangga.

“Artinya keluarga dulu kita berdayakan. Sehingga, ketahanan pangan dapat tumbuh dan berkembang ,” ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya optimalisasi pemanfatan lahan pekarangan ini. masyarakat dapat mengurangi pengeluaran belanja bulanan.

“Jadi, kami bersama dengan pemerintah Desa Sempu ingin memberdayakan masyarakat yang mandiri.Masyarakat yang dapat mencukupi kebutuhan pangan keluarga.dan nantinya mau cabai tinggal petik, mau masak sayur apapun tinggal ambil di pekarangan,” pungkasnya.

Kiriman : Relawan Inspirasi Rumah Zakat (RZ)

 

banner 120x500
  • Bagikan