fbpx

DESA WISATA BANGOWAN SABET PENGHARGAAN ADWI 2024

Blora, BLORANEWS – Desa Wisata (dewis) Bangowan berhasil menyabet penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024. Dewis yang terletak di Kecamatan Jiken, Blora itu berhasil menembus 100 besar ADWI 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pengumuman 100 besar ADWI 2024 disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Jumat (24/5/2024). Dalam pengumuman tersebut, dari 100 Desa Wisata di Indonesia, tujuh desa wisata terbaik berasal dari Jawa Tengah.

Yaitu, Desa Wisata Karangsambung Kabupaten Kebumen, Desa Wisata Pesona Gunung Prau Kabupaten Wonosobo, Desa Wisata Wanurejo Kabupaten Magelang, Desa Wisata Kebondalem Kidul Kabupaten Klaten, Desa Wisata Bangowan Kabupaten Blora, Desa Wisata Sendangsari Kabupaten Rembang, dan Desa Wisata Muncar Moncer Kabupaten Temanggung.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Iwan Setiyarso mengungkapkan bahwa ini merupakan pencapaian luar biasa yang patut dibanggakan. Dirinya berharap, semoga pencapaian itu bisa menjadi penyemangat desa wisata lain di Kabupaten Blora untuk berbenah dan meningkatkan diri.

“Pencapaian ini patut disyukuri karena persaingan tahun ini semakin ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi tahun ini ada 6.016 desa wisata yang terdaftar ikut serta,” ucapnya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Yeti Romdonah menambahkan, meskipun menembus penghargaan 100 besar ADWI 2024, pihaknya berharap bisa masuk nominasi 50 terbaik se Indonesia.

“Mohon doanya semoga masuk 50 terbaik,” ucapnya.

Sementara itu Hanif Massadini salah satu Pengelola Desa Wisata Bangowan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan.

“Terimakasih atas dukungan semua pihak, khususnya warga Desa Bangowan serta semangat dan upaya rekan-rekan Pokdarwis,” tuturnya. (Dj)