fbpx

DI BANDUNG, NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA DIPENTASKAN

  • Bagikan
Happy Salma
Foto : Pikiran Rakyat

Bandung – Seniman papan atas tanah air kembali mengapresiasi karya maestro sastra kelahiran Blora, Pramoedya Ananta Toer. Lakon Teater bertajuk “Bunga Akhir Abad” yang merupakan adaptasi dari novel Bumi Manusia dipentaskan di Teater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat jalan Bukit Dagu Utara, Bandung.

Seniman papan atas yang tampil dalam pentas tersebut antara lain, Happy Salma, Chelsea Islan dan Reza Rahadian. Happy Salma berperan sebagai Nyai Ontosoroh, Chelsea Islan berperan sebagai Annelies sedangkan Reza Rahadian berperan sebagai Minke. Ketiganya berhasil menghidupkan tokoh-tokoh fiksi ciptaan Pramoedya itu.

Happy Salma
Foto : Pikiran Rakyat

 

Seperti diberitakan pikiran-rakyat.com, pertunjukan tersebut berlangsung pada tanggal 9 sampai dengan 11 Maret kemarin. Tiket yang ada telah terjual habis sebulan sebelum pertunjukan digelar.

Pentas teater Bunga Akhir Abad menceritakan tentang kisah cinta Annelies (seorang blasteran Belanda – Jawa) dengan Minke (seorang pribumi) yang tidak berjalan mulus. Kesedihan demi kesedihan ditampilkan dalam pentas ini.

Happy Salma kepada media yang sama mengaku bahwa pertunjukan ini sangat menantang kemampuannya dalam bermain peran. Tokoh Nyai Ontosoroh, dengan kesedihan yang dialaminya membuat peran ini sangat menuntut dedikasi yang tinggi untuk melakonkannya.

“Para pemain yang terlibat memiliki loyalitas pada profesinya dan mumpuni. Kesungguhan mereka dibuktikan lewat dedikasi untuk pertunjukan ini. Mereka meluangkan waktu untuk berlatih. Pertunjukan ini menjadi sekolah untuk kami semua” ujar Happy.

Tahun lalu, lakon “Bunga Akhir Abad” juga ditampilkan di Jakarta. Di ibu kota, lakon teater berdurasi dua jam tersebut juga disambut dengan antusias oleh para pecinta seni dan penonton secara umum [.]

Sumber : pikiran-rakyat.com

banner 120x500
  • Bagikan