DI KAMPUNG BARU, PKK BLORA GELAR SOSIALISASI BAHAYA HIV/AIDS

Jepon – Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial P3A melaksanakan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asetat) dan Sosialisasi Bahaya HIV/AIDS.

 

Sosialisasi bahaya HIV/AIDS di lokalisasi Kampung Baru Kecamatan Jepon, Selasa (10/04).

 

Dua kegiatan ini merupakan digelar dalam rangka menyambut Hari Kartini ke 139 tahun 2018 tingkat Kabupaten Blora.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Setyoningsih menmaparkan, Pencanangan dan Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asetat) gratis dilaksanakan di Puskesmas Bogorejo, Kecamatan Bogorejo dengan sasaran perempuan dewasa.

“Tujuannya untuk mendeteksi dini potensi kanker serviks pada rahim ibu maupun calon ibu,” paparnya.

Sedangkan sosialisasi HIV/AIDS dilaksanakan di lokalisasi Kampung Baru yang ada di Kecamatan Jepon. Acara sosialisasi diikuti puluhan warga yang utamanya perempuan dan berlangsung lancar.

Peserta sosialilisasi bahaya HIV/AIDS, Ratna Wulandari, salah satu warga lokalisasi berharap kedepan kegiatan ini dapat dilakukan lagi

“Tadi tesnya cuma di ambil sempel darah, itu juga tidak sakit, semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan,” komentar Ratna.

Sebagai informasi jumlah pengidap HIV/AIDS di Blora, setiap tahun terjadi kenaikan yang signifikan. Hal ini terlihat dari data tahun ke tahun.

“Tahun 2016 lalu 91 orang terkena HIV AIDS, 2017 sebanyak 142 orang dan 17 orang di antaranya meninggal dunia,” terang Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Blora, Sutik.

Penyunting : Joko Priyanto

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.