DIDIK BARONGAN : KESENIAN BARONG SEBAGAI EKSTRAKULIKULER DI SEKOLAH

Adi wibowo bersama Kru Risang Guntur Seto Foto : Koleksi Adi wibowo

Blora- Tanggung jawab melestarikan kebudayaan leluhur menjadi motivasi Risang Guntur Seto. Berharap agar seni barong tetap eksis, Adi Wibowo, ketua paguyuban seni barong Risang Guntur Seto melatih banyak seniman cilik barong Blora.

“Kesenian barongan adalah peninggalan pendahulu-pendahulu kita, jadi harus dilestarikan. Melatih adik-adik ini untuk belajar barongan merupakan tugas yang harus dijalankan” tegasnya.

Didik Barongan, sapaan akrab Adi Wibowo  juga menambahkan bahwa pelestarian kesenian ikon Blora ini harus dimulai dengan mengajari para generasi muda. “Kami, para generasi tua ini berharap agar berlatih barongan menjadi ekstrakulikuler di sekolah-sekolah Blora” harapnya.

Bersama dengan akan-anak didiknya, seniman barong ini berhasil mengenalkan barongan Blora ke pentas nasional. Pernah juga dalam beberapa kesempatan, Risang Guntur Seto dan para seniman ciliknya sepanggung dengan tarian-tarian dari berbagai belahan dunia.

Baca :

FEBRIYAN DESTY : SENIMAN MUDA RISANG GUNTUR SETO

LEBIH DEKAT DENGAN RISANG GUNTUR SETO

Awal Desember tahun lalu, Risang Guntur Seto tampil dalam parade budaya di ibukota. Sederet prestasi pun ditorehkan oleh Risang Guntur Seto dan para seniman ciliknya.

“Tahun kemarin kita menjadi penyaji tarian terbaik di TMII. Kita menjadi juara harapan 1 penyaji tari terbaik se-Jawa Tengah dan DIY. Kita membawa pulang trofi Runner-Up International Ethnic Culture di Jogjakarta” papar Didik [.]

Reporter : Jack Priyanto

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.