fbpx

DIMAKAMKAN DEKAT MASJIDIL HARAM, TKW ASAL BLORA 21 TAHUN TAK PULANG

  • Bagikan
DIMAKAMKAN DI DEKAT MASJIDIL HARAM, TKW ASAL BLORA 21 TAHUN TAK PULANG
Pemakaman SMA (53) TKW asal Blora.

Mekkah- Betapa beruntungnya Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Blora, Jawa Tengah ini. Dirinya mendapatkan keistimewaan dimakamkan di dekat Masjidil Haram di Kota Suci Mekkah, satu lokasi pemakaman dengan istri pertama Rasulullah, Khadijah binti Khuwailid al-Asadiyah.

 

DIMAKAMKAN DI DEKAT MASJIDIL HARAM, TKW ASAL BLORA 21 TAHUN TAK PULANG
Pemakaman SMA (53) TKW asal Blora. Foto : Sumber Foto KJRI Jeddah.

 

Diketahui TKW tersebut berinisial SMA (53) bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) keluarga yang berada di Thaif, daerah berjarak sekitar 200 kilometer dari KJRI Jeddah.

Dari keterangan petugas KJRI Jeddah, SMA sangat jarang bertukar kabar dengan keluarga. Selama 21 tahun bekerja di Arab Saudi, perempuan kelahiran Blora ini mengaku tidak pernah pulang ke tanah air (Indonesia).

Pada tahun 2015, SMA mendatangi KJRI Jeddah untuk mengurus pergantian paspor. Di sana ia ditanya petugas loket pelayanan diantaranya apakah hak-haknya telah diterima dari majikan, apakah pernah mendapatkan perlakuan kasar dari majikan, dan pertanyaan lainnya.

Kemudian Januari 2020, dirinya kembali melakukan penggantian paspor. Seperti biasa, saat pemeriksaan oleh petugas loket, SMA mengungkapkan, dirinya belum pernah pulang ke Indonesia. Dan sisa gajinya senilai 134 ribu riyal lebih masih ada di majikannya.

Mendengar pengakuan tersebut, kemudian KJRI Jeddah berusaha menelusuri agen yang memberangkatkan SMA untuk mendapatkan alamat serta kontak dari keluarganya.

“Bisa jadi, lantaran terlalu lama tinggal di Arab Saudi dan sangat jarang berkomunikasi dengan keluarga, SMA kurang perhatian akan pentingnya nomor kontak keluarga,” penjelasan KJRI Jeddah. Rabu (24/03).

Selanjutnya >

  • Bagikan