fbpx

DINAS PERTANIAN BLORA KEMBANGKAN PEMANFAATAN PEKARANGAN MELALUI KRPL

  • Bagikan
DINAS PERTANIAN BLORA KEMBANGKAN PEMANFAATAN PEKARANGAN MELALUI KRPL
Konsep pertanian KRPL akan memanfaatakan keberadaan pekarangan rumah sebagai lahan penanaman sayuran. Foto : Bloranews

Blora – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan segera mengembangkan konsep pertanian KRPL  (Kawasan Rumah Pangan Lestari). Sebagai langkah pertama, konsep ini akan diaplikasikan di tiga desa di Blora. Untuk mencapai hasil yang maksimal, konsep pertanian ini harus dijalankan dalam enam tahapan. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Blora berharap konsep pertanian ini dapat menunjang kebutuhan bahan pangan, terutama jenis sayuran untuk masyarakat luas.

Reni Miharti, Kepala Dinas Pertanian dan  Ketahanan Pangan Blora menjelaskan bahwa pemanfaatan pekarangan rumah sangat potensial untuk bertanam sayur, maka konsep KRTL sangat aplikatif di Blora.

“Konsep KRPL akan memanfaatkan pekarangan penduduk sebagai lahan pertanian sayur, ini untuk menunjang kebutuhan bahan pangan yang dibutuhkan masyarakat. Dalam waktu dekat, konsep ini akan dipraktekkan di praktekkan di tiga desa pada dua kecamatan yaitu, di Kecamatan Kunduran akan dilaksanakan di Desa Buloh sedangkan di Kecamatan Blora Kota akan dilaksanakan di Desa Purworejo dan Tempurejo. Kegiatan ini dibiayai melalui APBD Provinsi Jawa Tengah,” jelas Reni, Rabu (7/6).

Reni menambahkan, agar konsep pertanian yang memanfaatkan pekarangan rumah ini dapat berkelanjutan dan hasilnya dapat dinikmati masyarakat, maka ada enam tahapan yang harus dilakukan.

“Enam tahapan tersebut meliputi penentuan lokasi dan kelompok masyarakat (dijalankan oleh PKK desa setempat), Identifikasi kebutuhan (jenis komoditas), penentuan rencana kegiatan, identifikasi kapasitas SDM di desa setempat, pelaksanaan KRPL dan peningkatan kinerja melalui evaluasi berkala,” pungkasnya.

Reporter : Jacko Priyanto

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!