fbpx

DIPERINGATI TIAP TAHUN, BEGINI SEJARAH SINGKAT HARKITNAS

  • Bagikan
dr. Soetomo untuk mendirikan Institut Boedi Oetomo di Blora
RT Said ( Bupati Blora ) mendesak dr. Soetomo untuk mendirikan Institut Boedi Oetomo di Blora

Blora – Untuk mengejar keuntungan ekonomi dan menguasai administrasi wilayah, Belanda menerapkan sistem pemerintahan kolonial pada orang-orang yang sebelumnya tidak memiliki kesamaan identitas politik. Pada awal abad ke-20, Belanda menetapkan batas-batas teritorial di Hindia Belanda, yang menjadi cikal bakal Indonesia modern.

Pada paruh pertama abad ke-20 rasa kesadaran nasional sebagai “orang Indonesia” mulai tumbuh. ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Budi Utomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 oktober 1928).

Sejumlah organisasi kepemimpinan yang baru muncul. Peristiwa ini dibarengi dengan peningkatan aktivitas politik hingga mencapai puncaknya pada proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Indonesia terus berkembang, sejarah terus dikenang dan menjadi spirit pembangunan. Sejumlah kegiatan dilakukan untuk memperingati sejarah kebangkitan nasional tiap tahunnya di berbagai kota.

Di Blora, Harkitnas 2021, diperingati dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wira Bhakti Blora tahun ini merupakan  113 tahun  Hari Kebangkitan Nasional.

Sekda Blora Komang Gede Irawadi, mewakili Bupati Blora H. Arief Rohman, Kamis (20/5/2021). 

Sekda Blora Komang Gede Irawadi, mengatakan, bahwa semangat pejuang untuk bisa menyemangati generasi muda. seperti yang disampaikan Menteri Kominfo RI Johnny G. Plate dalam upacara Harkitnas 2021.  

“Bahwa Kebangkitan Nasional ini adalah ruh digitalisasi Indonesia yang lebih maju lagi. Saya kira ini harus kita peringati, jadikan momentum untuk melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik,” ucap Sekda Blora.

Komang berharap meskipun dalam situasi pandemi Covid-19, semangat Hari Kebangkitan Nasional harus tetap bergelora.

“Harapan saya, walaupun di masa pandemi ini semangat Hari Kebangkitan Nasional harus tetap bergelora,” kata Sekda Blora. 

Sebelum, Sekda Blora dan Forkopimda serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama perwakilan Aparatur Sipil Negara mengikuti upacara Harkitnas 2021 secara virtual di pendopo rumah dinas Bupati Blora. 

Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021 adalah ”Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”. (Jyk)

 

  • Bagikan