fbpx

DORONG MINAT BACA SISWA, SD SASMITA EDUKASI GELAR KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN DAERAH

Jum'at (6/1) SD Sasmita Edukasi (SE) Desa Tamanrejo, Kecamatan Tunjungan melakukan Kunjungan ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Blora. Agenda bertajuk "Kelas Kunjung" itu bertujuan untuk menumbuhkan minat baca sekaligus meningkatkan Kapasitas Siswa.
Foto Bersama Siswa SD Sasmita Edukasi (SE) di Perpustakaan Daerah Kabupaten Blora

Blora- Jum’at (6/1) SD Sasmita Edukasi (SE) Desa Tamanrejo, Kecamatan Tunjungan melakukan Kunjungan ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Blora. Agenda bertajuk “Kelas Kunjung” itu bertujuan untuk menumbuhkan minat baca sekaligus meningkatkan Kapasitas Siswa.

Koordinator Program Kelas Kunjung, Irvia Murtiningsih menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa tentang dunia literasi.

“Disana peserta didik dikenalkan bahwa literasi itu tidak hanya didapat dari Guru, namun bisa juga melalui kegiatan semacam ini, yaitu membaca koleksi-koleksi buku yang ada di Perpusda,” jelasnya.

BACA JUGA :  PENTAS WAYANG DALANG CILIK MERIAHKAN AKHIRUSSANAH SD ISLAM BAITUNNUR BLORA

“Selain itu juga memberikan pengalaman bagi peserta didik tentang bagaimana tata cara berkunjung ke Perpustakan. Mulai dari mendaftar sampai gimana cara pinjam buku, seperti yang kita lakukan saat ini.” tambahnya.

Senada dengan Irvia Murtiningsih, Noer Rizki Chorin Ni`mah selaku Kepala Sekolah juga menegaskan tentang pentingnya literasi, terutama di era digital seperti sekarang.

“Ditengah era digital, tentu akses literasi sangat mudah didapat melalui gadget. Namun dengan kegiatan berkunjung langsung ke perpustakan, siswa akan mendapat pengalaman baru dan semangat baru,” tuturnya.

BACA JUGA :  DAWIS PKK SENDANGHARJO IKUT SOSIALISASI PENTINGNYA VAKSIN

“Selain itu, kegiatan Kelas Kunjung ini juga diharapkan bisa membuat siswa tidak jenuh dalam belajar dan merubah anggapan siswa bahwa belajar tidak harus di ruang kelas, akan tetapi bisa dimana saja,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu siswa SD Sasmita Edukasi, Fabiano Jabar Putra Pratama merasa sangat menikmati Kelas Kunjung ke Perpustakaan Daerah.

BACA JUGA :  KOMISI D MINTA SEMUA PIHAK BERSIKAP ARIF MENYIKAPI AKSI MOGOK MENGAJAR

“Selain bisa membaca buku, kita juga bisa menikmati fasilitas yang disediakan Perpusda, seperti melihat koleksi lukisan, merasakan ruang edukasi, menggambar atau mewarnai, serta melihat panorama Kota Blora dari lantai atas,” ucapnya.

Diketahui, peserta Kelas Kunjung terdiri dari kelas 1 sampai 5 dan langsung di dampingi oleh Guru kelas masing-masing. Program ini merupakan salah satu amanat dalam Rencana Staregis (Renstra) Sekolah yang ditujukan untuk menambah pengetahuan siswa tentang Literasi. (Kin).