fbpx

DPK BLORA RENCANAKAN PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DESA

  • Bagikan
Perpustakaan untuk desa
Ilustrasi : Bloranews

Blora – DPK (Dinas Perpustakaan dan Kerasipan) tengah menggodok konsep program pengembangan perpustakaan desa. Untuk memaksimalkan konsep yang akan dijalankan dalam program tersebut, DPK berkoordinasi dengan Bappeda dan dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Blora. Hal ini disampaikan oleh kepala DPK Blora melalui kepala bidang Perpustakaan.

Perpustakaan untuk desa
Ilustrasi : Bloranews

“Kita sedang menggodok konsep pengembangan perpustakaan ke desa-desa. Sejauh ini, kita melihat bahwa perpustakaan umum tidak banyak di Blora. Walaupun ada, jarak yang jauh membuat masyarakat enggan mengunjunginya. Apalagi masyarakat yang tinggal di pelosok-pelosok desa” Ujar Pujo Catur, kabid Perpustakaan DPK Blora.

“Masyarakat membutuhkan sarana informasi dan pustaka yang mudah dan murah. kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan adanya perpustakaan umum di ruang publik masyarakat desa. Kita sedang berkoordinasi dengan Bappeda dan dinas PMD Blora untuk mengkonsep program ini” lanjutnya.

DPK Blora melalui kabid Perpustakaan juga menyampaikan bahwa konsep perpustakaan desa tidak membutuhkan biaya yang mahal. Dengan menyediakan sebagian area di ruang publik, seperti balai desa, akan dapat diwujudkan sebuah perpustakaan sederhana. Untuk suplai buku, DPK siap meminjamkan buku-buku ke perpustakaan desa tersebut.

“Perpustakaan desa ini dapat ditempatkan di sebagian ruang publik. Selain hemat tempat, masyarakat juga tidak canggung untuk mengunjunginya. Kita akan pinjamkan buku-bukunya. Nanti digunakan bergilir sesuai kecenderungan tema yang tengah diminati masyarakat. Dengan demikian, minat baca masyarakat yang ada di pelosok desa dapat terfasilitasi” pungkas Pujo Catur [.]

Reporter : Jack Priyanto

banner 120x500
  • Bagikan