fbpx

EKSOTIS: WADUK TEMPURAN SALAH SATU TEMPAT REKREASI KELUARGA YANG MENARIK DAN MENYENANGKAN.

  • Bagikan
Arena wisata di sekitar waduk tempuran
Para Remaja arena wisata di sekitar waduk tempuran

KOTA,( 12 / 01/ 2016 ) Bagi para penggemar wisata perlu kiranya berkunjung ke waduk Tempuran. Disamping tempatnya yang indah,s ejuk dipenuhi tanaman lombok wahana permainan juga exsotisme lingkungan yang aduhai.

Tak perlu jauh-jauh keluar kota ataupun ke luar kabupaten. Cukup di kota sate blora mustika berbagai wisata ada disini. Waduk yang berjarak 15 KM arah utara Blora ini sellau ramai dikunjungi para pengunjung yang menghabiskan waktu bersama keluarga menikmati segarnya alam Blora.

Waduk tempuran Blora
Waduk Tempuran Blora

Waduk Tempuran yang berlokasi di Desa Tempuran, Kecamatan Blora Kota, Kabupaten Blora ini memang unik dibanding waduk-waduk yang lainnya. Tempatnya yang sejuk, bersih dan di lindungi oleh pohon – pohon tinggi.

Sejauh mata memandang adalah air dan tanaman cabai dan kacang tanah. Wisata Waduk Tempuran sendiri merupakan objek wisata yang keberadaannya, melingkari perbukitan di Dusun Juwet, Desa Tempuran, Kecamatan Blora sehingga nampak seolah-olah keberadaan Dusun Juwet berada terapung diatas waduk disaat air waduk tempuran penuh. Namun saat ini belum seperti biasanya sehingga desa tersebut nampak jelas telihat.

Waduk Tempuran di Kabupaten Blora ini memang sangat ramai dikunjungi warga Blora dan wisatawan lainnya, baik pagi, siang dan sore hari. Apalagi kalau hari liburan, tahun baru, pasti sangat sesak sekali. Sudah banyak warga dari kabupaten Nsebelah yang tak mau lepas dari keindahan alam blora ini. Mulai dari bojonegoro, rembang, pati, semarang dan lain sebagainya.

Arena wisata di sekitar waduk tempuran
Para Remaja arena wisata di sekitar waduk tempuran

Disamping sebagai tempat wisata, kawasan Waduk Tempuran juga mempunyai multi guna, mulai dari sebagai irigasi tanah pertanian dan lahan perikanan, sebagai pembinaan olahraga Dayung dan pengembangan Kepariwisataan, karena lokasinya yang begitu indah dan menarik. Sebagai tempat pembibitan Ikan Tawar dengan sistem karamba. Tempat berlatih atlet-atlet dayung Kabupaten Blora, yang sudah mampu melaju baik ditingkat Nasional maupun Internasional dna juga untuk pemancingan.

selfie di area tempuran
Area waduk sangat mendukung untuk Berselfie

Bagi para pembaca yang mungkin belum mempunyai agenda berlibur bisa datang untuk menyaksikan eksotis dan keindahan Waduk Tempuran ini. Selain pemandangan yang indah anda juga bisa menikmati rumah makan yang berbasis lesehan di tepi waduk.

Tak hanya ikan bakar, para pengunjung juga bisa menikmati aneka macam minuman ditemani indahnya waduk. Di lokasi tersebut, juga terdapat kolam renang, wahana permainan, bebek air, gedung pertemuan, homestay, panggung musik untuk hari minggu dan hari libur.

Selain itu, disana  juga menyediakan tempat yang menarik yaitu Rumah Joglo. Rumah ini disewakan untuk acara seperti Reunian, berwisata, kunjungan anak-anak TK.. Selain itu juga ada kolam bermain bagi anak anak,  fasilitas permainan air dan Water Boomdan juga penginapan.

Dirumah makan sekitar waduk tempuran, para pengunjung juga bisa menikmati keindahan waduk dari atas dengan ditemani makanan bersama keluarga dan kerabat.

Untuk rute kelokasi bisa dibilang sangat mudah. Jika Anda dari arah Rembang-Blora  ketika sudah sampai di perempatan Pasar Medang, Anda bisa langsung belok ke kiri, menyusuri jalan sempit di tengah areal persawahan. Untuk menuju kesana anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang alami dan luar biasa indahnya.

Sedangkan jika Anda dari arah Surabaya – Cepu – Blora atau Solo – Purwodadi – Blora, setelah sampai di perempatan Polres Blora di KM 5,2 kemudian belok ke kanan dan menyusuri jalan selama 20 menit untuk sampai ke tujuan yang indah ini yaitu waduk tempuran dengan pemandangan alam yang alami.

Sebagai penikmati wisata, mungkin anda akan sangat menyesal jika Anda tidak mencoba ke sana dan menikmati ikan bakar di tepi waduk. Segeralah berangkat ke Waduk Tempuran Kabupaten Blora untuk menikmati indahnya alam di Kabupaten Blora. Kalau tidak sekarang, kapan lagi.(nun)

 

Reporter          : Aliph Bengkong

Foto                 : Ainur Rohmah

banner 120x500
  • Bagikan