EKSPRESIKAN JIWA SENI, PEMUDA INI GELUTI SENI LUKISAN API

Jati- Seni lukisan api (pirografi) memang terdengar asing di telinga masyarakat Kabupaten Blora. Maklum saja, jenis karya seni ini memang tak banyak digeluti. Meski demikian, karya-karya pirografi memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya.

 

M Fahrurrozi bersama lukisan pirografi buatannya

M Fahrurrozi bersama lukisan pirografi buatannya

 

Seorang pemuda bernama M Fahrurrozi (20), warga Dusun Karang Desa Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora menggeluti jenis kesenian ini untuk mengekspresikan jiwa seninya. Di sisi lain, hasil karyanya ternyata mampu menarik perhatian berbagai kalangan pecinta seni.

“Mulanya, saya ini hobi menggambar. Untuk mengembangkan hobi saya, maka saya memilih seni pirografi, dan alhamdulillah banyak yang merespon. Ternyata, hobi jika ditekuni dapat menghasilkan uang,” kata Rozi, sapaan akrab M Fahrurrozi, Jumat (06/03).

Seni pirografi merupakan varian seni rupa dengan menggunakan media api sebagai alat untuk melukis. Di zaman sekarang, solder listrik digunakan untuk menggantikan api, yang diaplikasikan pada media kayu berbagai jenis.

“Obyek yang sering saya lukis adalah kaligrafi dan wajah manusia. Yang sulit itu, ketika dapat pesanan yang meminta lukisannya harus seperti foto aslinya, seperti hidup,” imbuhnya.

Selain lukis foto sesuai pesanan, Rozi kerap kali melukis wajah-wajah tokoh populer seperti Emha Ainun Najib, Sudjiwo Tedjo, Gus Dur, Gus Miftah, dan banyak lainnya. Untuk harga tiap lukisan yang dibuatnya, disesuaikan dengan ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya.

“Pengalaman yang lumayan menarik, saat ada kunjungan anggota DPRD Jateng ke Kecamatan Jati, saya diminta panitia penyambutan untuk membuat lukisan pirografi untuk kenang-kenangan. Alhamdulillah selesai tepat waktu, dan anggota DPRDnya puas dengan karya saya,” pungkasnya. (paidi)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan