fbpx

FESTIVAL DIENG SUKSES BANGKITKAN SEKTOR PARIWISATA

Festival Dieng atau Dieng Culture Festival (DCF) yang digelar di Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara belum lama ini sukses membangkitkan pariwisata nasional. Bahkan, event tahunan yang berisi pagelaran seni-budaya itu kini telah masuk dalam kalender event nasional.
Gubernur Ganjar ikut ramaikan Dieng Culture Festival (DCF).

Semarang, BLORANEWS – Festival Dieng atau Dieng Culture Festival (DCF) yang digelar di Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara belum lama ini sukses membangkitkan pariwisata nasional. Bahkan, event tahunan yang berisi pagelaran seni-budaya itu kini telah masuk dalam kalender event nasional.

Melihat kesuksesan itu, Gubernur Ganjar menilai sudah saatnya DCF naik level ke ranah internasional. Ia berkeinginan, untuk pagelaran berikutnya bisa berkolaborasi dengan seniman atau artis mancanegara.

BACA JUGA :  MOBIL ANAK BANGSA IKUTI AJANG BALAP INTERNASIONAL, GANJAR: MEREKA BUTUH DUKUNGAN FINANSIAL

“industri kita jual (promosikan) ke dunia internasional. Barangkali yang musik, besok bisa mulai ASEAN atau Asia, atau mungkin mengundang artis dunia untuk kolaborasi. Termasuk juga yang panggung tradisional seperti kemarin juga bagus sekali,” kata Ganjar, Senin (5/9/2022).

Gubernur berambut putih itu menjelaskan, untuk membuat event DCF naik level maka diperlukan kurator dalam setiap bagian. Keberadaan kurator ini berfungsi untuk menjaga kualitas acara.

BACA JUGA :  AWAS! WASPADA PENYAKIT MULUT DAN KUKU PADA HEWAN

“Kita minta agar dilakukan kurasi. Jadi EO-nya harus dikurasi, ada kuratornya. Umpama kemarin kita menonton Jazz Atas Awan. Itu musti dikurasi misalnya kurator panggung, lighting, sound system sehingga orang melihat itu nyaman,” ungkapnya. (*)