fbpx

GANJAR IKUTI PENGAJIAN SAWELASAN THARIQOT QADIRIYAH WA NAQSABANDIYAH

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri acara pengajian Sawelasan dan Bai'at Thariqot Qadiriyah wa Naqsabandiyah di Pondok Pesantren An-Nawawi Purworejo. Sesampainya disana, Ganjar langsung disambut pengasuh ponpes An-Nawawi, KH Achmad Chalwani Nawawi beserta ribuan santri dan pengikut Thariqot.
Gubernur Ganjar Pranowo menundukkan kepala di hadapan pengasuh ponpes An-Nawawi, KH Achmad Chalwani Nawawi.

Purworejo, BLORANEWS – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri acara pengajian Sawelasan dan Bai’at Thariqot Qadiriyah wa Naqsabandiyah di Pondok Pesantren An-Nawawi Purworejo. Sesampainya disana, Ganjar langsung disambut pengasuh ponpes An-Nawawi, KH Achmad Chalwani Nawawi beserta ribuan santri dan pengikut Thariqot.

“Kulo panjenengan seneng, Sewelasan hari ini luar biasa, karena sampun ketekanan pak Gubernur, Ganjar Pranowo. Kulo kemutan morotuwo (saya ingat mertua) pak Ganjar itu sering ke sini, pernah nyare (tidur) di sini. Kulo nggih pernah diundang ngisi pengajian haul Mbah Hisyam Kalijaran, mbahnya Bu Ganjar. Jadi kalau pak Ganjar ke sini, ini nyambung,” ujar KH Nawawi.

BACA JUGA :  PPKM DIPERPANJANG, GANJAR: AYO KEMBALI AKTIFKAN JOGO TONGGO

KH Nawawi juga menerangkan, Pengajian Sawelasan ini sudah dilaksanakan sejak 150 tahun yang lalu. Tepatnya ketika era kakek KH Nawawi.

“Dan sampai sekarang terus lestari. Kegiatan Thariqot kami juga sudah luas ke berbagai daerah di Indonesia. Ada di Lampung, Sumatera Selatan, Kalimantan dan lainnya,” ucapnya.

Mendengar hal itu, Gubernur Ganjar berharap tradisi Sewelasan yang sudah berjalan ratusan tahun ini bisa tetap lestari. Sebab, menurut Ganjar tradisi semacam ini bisa menjadi wadah masyarakat berkumpul dan belajar bersama.

BACA JUGA :  GANJAR DAN GIBRAN PANTAU VAKSINASI BAGI PELAJAR DI SOLO

“Ini luar biasa, pak Kyai Chalwani Nawawi ini sudah generasi keempat yang meneruskan tradisi dari mbah buyut. Sudah di atas 150 tahun tradisi Sewelasan ini dilakukan dan yang luar biasa jamaahnya datang dari seluruh Indonesia,” ucap Ganjar takjub. (Kin).