fbpx

GANJAR KUNJUNGI KAMPUNG SAMIN MINTA LESTARIKAN KEARIFAN LOKAL

  • Bagikan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Blora Arief Rohman dalam kunjungannya di kampung samin karangpace Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora.

Banjarejo – Tepat pada Hari Pahlawan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama istri dan Bupati Blora Arief Rohman bersama istri, berkunjung ke Kampung Samin Surosentiko di Dukuh Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora.

“Saya minta masyarakat sedulur sikep Samin di Klopoduwur terus semangat mempertahankan dan melestarikan kearifan lokalnya, termasuk menjaga kelestarian hutan di sekitarnya,” pinta Ganjar, Rabu (10/11).

Pada hal ini Gubernur Ganjar melakukan ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan menara air atau tower jaringan air bersih dan pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kemudian dilanjutkan dialog budaya diawali oleh sesepuh adat Samin Karang Pace, Mbah Lasiyo.

Mbah Lasiyo menyampaikan terimakasih dan juga mendoakan agar ke depan Ganjar Pranowo bisa menjadi pemimpin yang sukses dan tidak lupa dengan masyarakat bawah. Ia berdialog budaya dengan menggunakan bahasa jawa.

Kulo mboten saged pidato dangu-dangu, sing penting nggih maturnuwun lan dongakake supados Pak Gubernur semakin sukses anggenipun dados pemimpin lan tansah kelingan kalih warganipun. Donga dinonga, tansah sami-sami seger waras nggih, Pak Gubernur, (Saya tidak bisa pidato lama-lama, yang penting ya terimakasih dan mendoakan, menjadi Pak Gubernur semakin sukses dalam menjadi pemimpin dan selalu ingat dengan warganya. Doa mendoakan, sama-sama sehat selalu, ya, Pak Gubernur)” ucapnya singkat.

Selanjutnya, Ganjar mengajak para lansia untuk menyukseskan vaksinasi. Lansia yang diberi KTA tadi telah vaksin tahap pertama, kami berharap ke depan bisa ikut lagi dosis kedua. Kita minta agar Pak Bupati dan seluruh jajarannya terus ikut mendorong vaksinasi ini. Sedulur Sikep bisa menjadi role model.

“Sebenarnya saya sudah lama ingin silahturahmi kesini lagi, bertemu Mbah Lasiyo. Nah ini mumpung pas ke Blora bertepatan dengan Hari Pahlawan maka kami sowan. Tadi kita kawal pembangunan tower untuk jaringan air bersih karena disini sering susah air ketika kemarau,” ucap Ganjar.

Bupati Arief menyatakan terimakasih atas perhatian Gubernur Jawa Tengah terhadap masyarakat sedulur sikep (samin) Karangpace yang dipimpin Mbah Lasiyo.

“Dengan bantuan pembangunan tower dan pipanisasi air bersih dari embung Kedungsambi, semoga ke depan kebutuhan air bersih bagi masyarakat sini bisa terbantu. Maturnuwun Pak Gubernur. Kami siap untuk mengawal pembangunannya, sesarengan mbangun Blora. Vaksinasi juga terus kita dorong bersama,” ucap Bupati.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, jajaran Forkopimda, OPD terkait, Forkopimcam Banjarejo, Kades Klopoduwur dan masyarakat sedulur sikep setempat.

Acara ditutup dengan ramah tamah sambil menikmati kuliner tradisional khas Sedulur Sikep Samin Karangpace, berupa nasi jagung dengan sayur lompong, oseng ikan asin, kerupuk dan peyek disajikan dengan pincuk daun jati. (jml).

  • Bagikan