fbpx

GANJAR PRANOWO DIRENCANAKAN RESMIKAN PEMBUKAAN PORPROV XVI DI PATI

Semarang, Bloranews.com – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jawa Tengah telah dimulai. Gubernur Ganjar Pranowo berharap ajang ini menjadi momentum para atlet mematangkan potensi diri dan unjuk prestasi.

Hal itu disampaikan Ganjar usai menerima pengurus KONI Jateng di rumah dinasnya, Jum’at (4/8/2023). Gubernur Ganjar direncanakan datang dan membuka secara resmi Porprov Jateng XVI yang akan berlangsung di Stadion Joyo Kusumo, Pati Sabtu (5/8/2023) esok.

“Ini akan kami jadikan momentum ya untuk mendorong atlet-atlet dari Jawa Tengah, dari seluruh kabupaten/kota untuk unjuk prestasi,” tegas Ganjar.

Penyelenggaraan Porprov XVI Jateng 2023 berlangsung di Pati Raya. Adapun daerah penyangga di antaranya Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Magelang dan Kota Surakarta.

Melalui event olahraga seperti ini, kata Ganjar, memberikan ruang bagi para atlet untuk unjuk prestasi. Seperti cerita atlet difabel SoINA yang baru saja pulang bertanding di ajang internasional di Berlin.

Selain memberi kesempatan kepada atlet mengembangkan diri untuk melompat ke ajang yang lebih tinggi. Ajang seperti ini juga dapat memotivasi para atlet agar semakin berprestasi.

“Prestasi-prestasi yang muncul baik di tingkat nasional maupun internasional yang berasal dari Jawa Tengah menurut saya perlu ditampilkan agar ini menjadi bagian yang bisa memberikan motivasi para atlet yang lain,” tegasnya.

Ganjar membeberkan, akhir pekan ini benar-benar menjadi pekan olahraga bagi Jawa Tengah. Sebab selain Porprov XVI Jateng, pada Sabtu (5/8/2023) dan Minggu (6/8/2023) esok juga berlangsung Tour de Borobudur.

“Maka rasa-rasanya besok itu menjadi hari yang full olahraga. Mudah-mudahan ini bagian dari rangsangan atlet-atlet kita untuk semakin berprestasi dan kami perhatian. Sekali lagi, pemerintah perhatian kepada para atlet,” tandasnya.

Sebagai informasi, rangkaian Porprov XVI Jateng Pati Raya dimulai sejak 2 Agustus 2023. Dimulai dengan pengambilan Api Abadi Mrapen yang dikirabkan, sebagai tanda resmi dimulainya Porprov pada Sabtu (5/8/2023) saat Opening Ceremony di Stadion Joyo Kusumo.

Penyelenggaraan dilaksanakan di Kabupaten Blora, Kudus, Grobogan, Jepara, Rembang dan Pati. Adapun daerah penyangga di antaranya Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Magelang dan Kota Surakarta.

Jumlah peserta sebanyak 7.735 berasal dari 35 kontingen kabupaten kota di Jawa Tengah. Ada 57 cabor yang dipertandingkan dengan disiplin cabor sebanyak 70 dan 862 nomor. Selain itu, ada pula 2 cabor eksibisi dengan 17 nomor dipertandingkan. (dj)

 

Verified by MonsterInsights