fbpx

GAWAT! BLORA MASUK LEVEL AWAS KEKERINGAN

Ilustrasi

Blora, BLORANEWS – Sejumlah wilayah di Jawa Tengah diprediksi bakal mengalami kekeringan meteorologis pada Oktober 2023 ini. Bahkan, beberapa daerah diperkirakan masuk dalam kategori awas. Diantaranya ialah Kabupaten Blora.

Berdasarkan informasi dari BMKG Jateng, Blora termasuk salah satu daerah yang diprediksi bakal mengalami kekeringan kategori awas.

Per Sabtu (21/10) kemarin, BMKG Stasiun Klimatologi Jateng telah mengeluarkan peringatan dini terkait kekeringan meteorologis untuk dasarian III mulai 21 hingga 31 Oktober 2023.

Peringatan itu dikeluarkan berdasarkan analisis hari tanpa hujan dan curah hujan pada dasarian II bulan Oktober 2023 serta prakiraan curah hujan probabilistik Oktober dasarian III dan November dasarian I.

Adapun peta peringatan dini kekeringan meteorologis pada Oktober dasarian III ialah sebagai berikut.

Kategori Awas Meliputi sebagian besar wilayah Blora, Sukoharjo, Klaten, dan Karanganyar, sebagian wilayah Purworejo, Jepara, Magelang, sebagian kecil wilayah Kota-Kaupaten Brebes, Tegal, Pemalang, Batang, Demak, Rembang, Wonogiri, Temanggung, Wonosobo, Banjarnegara, Banyumas, Kebumen, Boyolali dan Sragen.

Kategori Siaga Meliputi sebagian Besar wilayah Jepara dan Pati, sebagian wilayah Cilacap dan Magelang, sebagian kecil wilayah Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, Batang, Demak, Jepara, Kudus, Blora, Grobogan, Sragen, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, SemarangTemanggung, Wonosobo, Purworejo, Kebumen dan Banyumas.

Kategori Waspada Meliputi sebagian kecil wilayah Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, Batang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Blora, Grobogan, Sragen, Boyolali, Karanganyar, Semarang, Magelang, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kebumen dan Banyumas.

Sebagai informasi, masing-masing kategori kekeringan yang ditetapkan BMKG memiliki makna yang berbeda.

Kategori Awas ialah, peluang hujan di bawah 20 mm sebanyak lebih dari 70 persen per dasarian dan tidak ada hujan lebih dari 61 hari.

Kategori Siaga ialah, peluang hujan kurang di bawah 20 mm sebanyak lebih dari 70 persen per dasarian dan tidak ada hujan selama 31-60 hari.

Kategori Waspada ialah, peluang hujan di bawah 20 mm sebanyak lebih dari 70 persen per dasarian dan tidak ada hujan selama 21-30 hari.

Kategori Tanpa peringatan ialah, hari tanpa hujan di bawah 21 hari. (Dj)