fbpx

GELAR SEDEKAH BUMI, WARGA KAUMAN ARAK GUNUNGAN

  • Bagikan
Sejumlah warga kelurahan Kauman Memikul Gunungan dalam rangka menyemarakan Sedekah bumi. Foto : Dinkiminfo Blora

Blora – Sejak pagi, masyarakat Kelurahan Kauman, Kecamatan/Kabupaten Blora sudah ramai berkumpul di Balai Kelurahan setempat yang nmenggelar tradisi sedekah bumi pada Jum’at Pon, (11/8/2017).

Sedianya mereka akan melakukan Kirab gunungan, sebagai tanda syukur atas melimpahnya hasil panen dalam setahun ini. Ratusan warga pun ikut mengarak satu gunungan yang berisi jajan-jajanan, sayur-sayuran dan hasil bumi lainnya. Semuanya merupakan hasil bumi di Kelurahan tersebut.

 

Sejumlah warga kelurahan Kauman Memikul Gunungan dalam rangka menyemarakan Sedekah bumi. Foto : Dinkiminfo Blora

 

Gunungan yang diarak dari kantor kelurahan ini, kemudian dibawa ke Makam Sunan Pojok . Setelah itu, di tempat tersebut didoakan bersama-sama sebelum diperebutkan warga sekitar.

Menurut Mbah Ikhwan, warga Kelurahan Kauman, tradisi kirab gunungan berlangsung tiap tahun di Bulan Selo (penanggalan jawa) dan harus hari Jum’at Pon. Namun, tiap tahun mengalami perkembangan sesuai kondisi dan situasi masyarakat.

Pelaksanaan tradisi ini selain melestarikan budaya lokal, juga dimanfaatkan untuk mempererat tali sliaturahmi masyarakat setempat.

“Tahun ini sedekah bumi sangat meriah. Karena ada hiburan wayang kulit sama barongan,” ucapnya.

Ia berharap tradisi ini terus di lestarikan oleh generasi muda. Sebab, kirab gunungan pada acara sedekah bumi yang selama ini dilaksanakan masyarakat. Untuk mengingatkan akan cikal bakal di Kelurahan Kauman.

“Tradisi ini harus dijaga dan dilestarikan dengan lebih baik, tanpa mengurangi khidmat dan tujuannya,” tandas pria berusia 70 tahun ini.

Ia mengingatkan, bahwa di kelurahan tersebut ada sejarah yang perlu diingat dan dijaga. Sehingga, “ini bentuk rasa syukur warga melalui sedekah bumi,” tutupnya.

Reporter : Ngatono

  • Bagikan