GENCAR GLS, DPK BLORA KUNJUNGI 32 SD DI BERBAGAI PELOSOK BLORA

Kunduran – GLS (Gerakan Literasi Sekolah) benar-benar membuat rombongan DPK (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Blora menguras tenaga lebih bulan September ini sampai November nanti. Pasalnya, DPK menargetkan akan mengunjungi 32 Sekolah Dasar yang berada di berbagai pelosok Blora.

 

Rombongan DPK Blora

Rombongan DPK Blora melintasi jalan berbatu dalam perjalanan menuju lokasi pelaksanaan GLS di pelosok Blora (14/09).

 

Terakhir, rombongan DPK Blora mengunjungi SD Negeri 2 Buloh Kunduran yang dalam perjalanan ke lokasi melewati jalan bergelombang berbatu yang menguji kemampuan mengemudi sopir mobil multi fungsi DPK Blora.

Farid Rokhmawantika, pustakawan Blora yang tergabung dalam rombongan DPK Blora memaparkan beratnya perjalanan menuju salah satu desa paling sulit air di Kabupaten Blora ini.

“Kondisi jalannya sangat menantang. Idealnya, dalam perjalanan di pelosok desa menggunakan mobil berpostur tinggi dan 4 WD. Tapi, dengan kendaraan multi fungsi ini akhirnya kita sampai ke SD dan bertemu dengan anak-anak yang menyambut antusias. Senang rasanya,” kata Farid.

 

DPK Blora berkunjung SDN 2 Buloh Kunduran.

 

Pustakawan Blora ini berharap, Perpusnas (Perpustakaan Nasional) memfasilitasi dengan memberikan kendaraan yang cocok untuk medan ekstrim seperti Blora. Farid menambahkan, jika dalam musim kemarau perjalanan menuju SD di pelosok Blora cukup menantang, apa lagi ketika musim hujan tiba beberapa bulan lagi.

“Takutnya, terhambat karena kendaraan kita selip di tengah jalan. Sementara, di lokasi sudah banyak anak-anak yang menunggu kedatangan kita,” lanjutnya.

Yanto, seorang siswa SD Negeri 2 Buloh merasa senang dengan beragamnya buku yang dibawa rombongan DPK ini. Ia berharap rombongan DPK Blora sering-sering mengujungi sekolahnya.

Kegiatan kunjungan ke SD yang dimulai sejak 4 September ini, telah mengunjungi 4 sekolah dasar di 4 kecamatan yaitu, SD Negeri 1 Kalisari (Banjarejo), SD Negeri 1 Ngliron (Randublatung), SD Negeri 2 Selogender (Jati) dan SD Negeri 2 Buloh (Kunduran).

Gundala Wijasena, Kepala DPK Blora menjelaskan kunjungan ke 32 SD di pelosok Blora ini bertujuan meningkatkan potensi literasi pelajar di sekolah dasar, terutama bagi sekolah yang terletak jauh dari perpustakaan umum kabupaten.

Reporter : Jacko Priyanto

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.