fbpx

GMM – BULOG GILING TEBU PERDANA 2017, PETANI SUMRINGAH

  • Bagikan
GMM GILING TEBU
Acara Tasyakuran Giling Perdana GMM-BULOG. Foto : Pemkab Blora

Blora – Para petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Blora, mengapresiasi niat baik PG GMM-BULOG yang akan memulai giling perdana di 2017. Sehingga mereka bisa memiliki harapan kembali terhadap tebu yang sudah ditanamnya.

 

GMM GILING TEBU
Acara Tasyakuran Giling Perdana GMM-BULOG. Foto : Pemkab Blora

 

“Petani tebu kini kembali sumringah ketika mengetahui pabrik gula akan giling lagi. Hanya saja dirinya meminta jaminan agar pabrik bisa memberikan kepastian harga dan rendemen yang baik,” kata Ketua APTRI Blora Sunoto.

Hal tersebut menanggapi penjelasan dari Direktur Operasional Pabrik Gula GMM-Bulog Saldi Aldryn dan Direktur Utama (Dirut) Pabrik Gula GMM-BULOG Rahmat Pambudi, yang memberikan kepastian bahwa tebu petani akan diutamakan dalam musim giling ini.

“Sekarang PG GMM-BULOG milik BUMN, maka sudah seharusnya perusahaan negara melayani petani. Begitu juga petani, harus ikut menyukseskan giling tebu yang ada di pabrik. Kami berharap bisa terjalin sinergitas yang baik bersama dengan manajemen yang baru ini. Paling tidak rendemennya bisa sampai 8,” ujar Sunoto pada acara selamatan yang di gelar GMM Jumat (21/4/2017)

Adapun Wakil Bupati Arief Rohman mewakili Bupati Djoko Nugroho menyampaikan rasa syukurnya dengan dimulainya kembali proses giling tebu di PG GMM-BULOG. Ia meminta pabrik ini, bisa ikut mendukung program swasembada gula yang dicanangkan pemerintah.

“Kami berharap PT GMM tidak hanya menuntut petani agar bisa menyetorkan tebu terbaiknya,” ujar Wakil Bupati Blora ini.

Selain itu juga, PT GMM harus bisa menyediakan pembibitan tebu unggul, yang nantinya bisa dibagikan ke petani. Untuk memenuhi kebutuhan petani untuk pembibitan tebu.

“Saya dengar kedepan akan disediakan lahan seluas 400 hektare, untuk pusat pembibitan tebu unggulan yang berkualitas. Dimana bibit tersebut disediakan, agar bisa ditanam petani. Untuk rendemen, tadi Pak Direktur sempat sampaikan ke saya kalau ia optimis rendemen bisa sampai delapan,” pungkas Arief Rohman.

Reporter : Ngatono

banner 120x500
  • Bagikan