fbpx

GORONG-GORONG RUSAK, 5 RUMAH WARGA DOPLANG TERENDAM BANJIR

Lima rumah warga Dukuh Grogol RT 51/RW 10, Desa Doplang, Kecamatan Jati, Blora terendam banjir dengan ketinggian 50 cm. Banjir terjadi pada Jumat (18/11) malam sekira pukul 22.00 WIB.
Lima rumah warga Dukuh Grogol RT 51/RW 10, Desa Doplang, Kecamatan Jati, Blora terendam banjir dengan ketinggian 50 cm.

Jati, BLORANEWS – Lima rumah warga Dukuh Grogol RT 51/RW 10, Desa Doplang, Kecamatan Jati, Blora terendam banjir dengan ketinggian 50 cm. Banjir terjadi pada Jumat (18/11) malam sekira pukul 22.00 WIB.

Sarji warga setempat menyampaikan, banjir tersebut disebabkan oleh gorong-gorong yang sudah rusak. Sehingga air akibat hujan lebat selama kurang lebih 2 jam tidak bisa mengalir ke sungai secara optimal.

BACA JUGA :  BERMAIN DI SUNGAI BACEK, BOCAH 10 TAHUN TENGGELAM

“Banjir terjadi akibat hujan deras. Terus drainase tidak muat menampung debit air dikarenakan gorong-gorong yang mengalir ke sungai kian menyempit,” ujarnya kepada wartawan bloranews, Sabtu (19/11/2022).

Sarji mengatakan bahwa banjir juga dipengaruhi oleh pembangunan jalan beton yang kurang pas. Menurutnya, sebelum pembangunan jalan kondisi gorong-gorong harus di cek dan dibenahi terlebih dahulu.

BACA JUGA :  PASCA BANJIR, WARGA SIDOMULYO BERSIH-BERSIH BEKAS GENANGAN

“Gorong-gorong pembuangan ke sungai sudah rusak dan menyempit. Waktu kemarin ada pembangunan jalan beton tidak dibenahi terlebih dahulu. langsung di cor atasnya. Jadi menghambat pembuangan ke sungai. Seandainya dibenahi dulu, pembuangan airnya tidak akan terhambat dan tidak meluap ke rumah warga,” tandasnya.

Akibat banjir tersebut, lima rumah warga terendam air dengan ketinggian 50 cm. Termasuk rumah ketua RT 51 Ngadimin, serta rumah mbah Suji yang terlihat paling parah alami kebanjiran.

BACA JUGA :  CEPU BANJIR LAGI, RATUSAN RUMAH TERENDAM AIR HINGGA 1 METER

“Selama gorong-gorong pembuangan tidak dibenahi, tiap musim penghujan pasti sering terulang,” pungkas Sarji. (*)