fbpx

GUA SENTONO BAKAL DIGELONTOR 1 MILIAR RUPIAH

Gua Sentono di Desa Mendenrejo, Kecamatan Kradenan, Blora.
Gua Sentono di Desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan, Blora.

BLORANEWS.COM | Kradenan – Wisata alam Gua Sentono yang berada di kawasan lembah Bengawan Solo Desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora bakal dipercantik dengan pembangunan sarana dan prasarana. Hal ini bertujuan agar lebih menarik para pengunjung atau wisatawan.

Warsit, anggota DPRD Kabupaten Blora mendukung pemerintah desa Mendenrejo untuk mempercantik lokasi wisata Gua Sentono. Tak tanggung-tanggung, ia bakal menggelontorkan dana aspirasinya sebesar Rp 1 miliar untuk pembangunan infrastruktur di lokasi wisata yang termasuk dalam cagar budaya tersebut.

BACA JUGA :  GUA SENTONO JADI LOKASI PELANTIKAN GENRE

“Mudah-mudahan menjadi tempat wisata yang menarik banyak pengunjung agar bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekaligus meningkatkan perekonomian warga sekitar,” ungkapnya, Selasa (13/09).

Sementara itu, Supari selaku Kepala Desa Mendenrejo mengaku telah mengupayakan pembangunan sarana dan prasarana lokasi wisata Gua Sentono dengan mengajukannya ke Pemerintah Kabupaten Blora agar segera terwujud. Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Dinas Kepemudaan, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, terutama bidang pariwisata.

“Rencananya (pembangunan) di tahun 2023. Ada tiga titik, diantaranya membuat kolam renang, pendopo dan penataan pagar atau gapura pintu masuk untuk menambah daya tarik wisatawan. Kami juga sudah menunjuk pak Budi Utomo sebagai konsultan pembangunannya,” ujar Supari.

BACA JUGA :  GUA SENTONO JADI LOKASI PELANTIKAN GENRE

Menurutnya, data pengunjung wisata Gua Sentono ini semakin ramai. Apalagi di akhir pekan atau saat ada event, sampai ribuan pengunjung memadati lokasi wisata tersebut.

“Ketika kita membuat event hari Sabtu dan Minggu, itu luar biasa, pengunjung bisa membludak mencapai ribuan,” tambahnya.

Supari berharap, bantuan dana tersebut segera terealisasi agar bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Mendenrejo. Selain itu, ia juga menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam mengelola wisata Gua Sentono.

BACA JUGA :  GUA SENTONO JADI LOKASI PELANTIKAN GENRE

“Kedepannya kita akan menggandeng beberapa investor, terutama untuk pengembangan wisata religi Gua Sentono ini. Jadi harapan kami, ketika ada event seperti itu bisa mendongkrak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Desa Mendenrejo,” tandasnya. (Jay)