fbpx

GUBERNUR MINTA BUPATI DAN WALIKOTA SIAGA ANTISIPASI KEBOCORAN PEMUDIK

GUBERNUR MINTA BUPATI DAN WALIKOTA SIAGA ANTISIPASI KEBOCORAN PEMUDIK
Ganjar saat mengecek pintu penyekatan pemudik di Terminal Tegal

Tegal- Ganjar Pranowo minta seluruh Bupati/Walikota siaga antisipasi kebocoran pemudik. Hal ini lantaran masih banyaknya pemudik yang nekat untuk pulang meski sudah dilarang.

 

GUBERNUR MINTA BUPATI DAN WALIKOTA SIAGA ANTISIPASI KEBOCORAN PEMUDIK
Ganjar saat mengecek pintu penyekatan pemudik di Terminal Tegal.

 

“Soalnya pemudik masih nekat berdatangan. Ada dua catatan yang masuk, dari aplikasi Jogo Tonggo mencatat baru 6-8 persen yang melaporkan, angkanya sekitar 10.000 pemudik. Tapi catatan dari Perhubungan dari asumsi-asumsi angkutan yang masuk, sudah ada 632.000 pemudik,” ucap Ganjar saat mengecek pintu penyekatan pemudik di Terminal Tegal, Minggu (09/05).

Berkaca dari tahun sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah ini memprediksi jumlah pemudik yang nekat pulang akan sama seperti tahun lalu yakni sekitar sejuta pemudik.

“Saya mempertimbangkan kira-kira yang akan masuk ke Jateng segitu. Maka saya mintakan agar ada pengetesan-pengetesan di level yang paling bawah,” jelasnya.

Dirinya meminta kepada pemudik yang nekat dan lolos dari penyekatan untuk wajib dicek oleh Jogo Tonggo. RT, RW, Lurah diminta proaktif melakukan pengecekan.

Mamun demikian dirinya juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat yang dengan sadar menunda kepulangan.

“Saya tadi perjalanan dari Semarang ke Tegal, melihat sepanjang perjalanan cukup sepi. Saya terimakasih karena masyarakat taat menunda mudik dan saya berharap kondisi ini bertahan sampai tanggal 17 nanti,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menyempatkan diri mengecek tempat isolasi di Rusunawa Tegalsari. Di lokasi itu, Ganjar mengecek kesiapan tempat karantina bagi masyarakat yang positif Covid-19.

“Ada satu yang positif dari hasil tes antigen pemudik. Saat ini sedang kami isolasi di sini dan lakukan tracing. Itu pemudik perjalanan asal Jawa Barat,” pungkas Kadinkes Kota Tegal, Primawati. (Jyk)