fbpx

GUNUNGAN HASIL BUMI DIARAK MENUJU SENDANG KLAMPEYAN DESA BOGOREJO JAPAH

  • Bagikan
Tokoh agama Desa Bogorejo Kecamatan Japah memanjatkan doa sebelum pemberangkatan rombongan pawai budaya, Rabu (01/08).

Japah – Sebuah gunungan berukuran besar diarak warga Desa Bogorejo Kecamatan Japah menuju Sendang Klampeyan. Arak-arakan hasil bumi ini dilaksanakan pada pawai budaya dalam rangka sedekah bumi di desa setempat.

Kepala Desa (Kades) Bogorejo Kecamatan Japah, Sujiman mengatakan, acara adat tahunan ini merupakan bentuk wujud syukur warga desa atas panen melimpah di tahun ini.

 

Tokoh agama Desa Bogorejo Kecamatan Japah memanjatkan doa sebelum pemberangkatan rombongan pawai budaya, Rabu (01/08).

 

“Sehingga, kegiatan adat Sedekah Bumi ini kami laksanakan tiap tahun. Gunungan yang diarak ini, berisi berbagai macam hasil bumi,” jelasnya, Rabu (01/08). Di gunungan tersebut, terdapat berbagai macam jenis sayuran seperti cabai merah, sawi, kacang panjang, wortel dan terong.

Sementara itu, Ketua Panitia Sedekah Bumi memaparkan, kegiatan pawai budaya ini diikuti 30 kelompok yang berasal dari 22 RT di desa tersebut.

Meski Desa Bogorejo Kecamatan Japah melaksanakan sedekah bumi setiap tahun, namun baru kali ini acara adat tersebut dirangkai dengan pawai budaya dan arak-arakan gunungan.

“Pawai budaya dan Gunungan diberangkatkan dari lapangan SD Negeri 2 Bogorejo menuju punden desa di Sendang Klampeyan. Sebelumnya, ada pembacaan doa dari tokoh agama,” pungkas Ketua Panitia, Setiawan.

 

Reporter : Puguh Nurdiansyah (K)

  • Bagikan