fbpx

GURU SERTIFIKASI JADI PANWASCAM, KEMENAG BLORA: PILIH! JADI GURU ATAU PANWASCAM

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

Blora- Meski telah dilantik, polemik seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Blora 2020 terus bergulir. Polemik ini diwarnai dengan mundurnya sejumlah Panwascam terpilih lantaran merangkap jabatan di institusi lain, Jumat (27/12).

 

Ilustrasi
Ilustrasi

 

Diketahui bersama, sebanyak 3 Guru Tidak Tetap (GTT) memilih mundur dari Panwascam dan kembali sebagai pengajar usai berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat. Sebelumnya, 1 anggota Badan Permusyawatan Desa (BPD) yang juga lolos, memilih mundur dari Panwascam.

Polemik tak berhenti di sini, para guru sertifikasi yang lolos seleksi Panwascam menjadi sorotan. Pasalnya, Panwascam dituntut untuk siap bekerja penuh waktu, dan di sisi lain guru sertifikasi harus memenuhi target mengajar selama 24 jam dalam satu minggu.

Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Blora, Fathul Himam mengaku, belum mendata para guru sertifikasi dibawah naungan institusinya. Pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat terkait hal ini.

“Coba nanti kita akan data guru-guru yang ikut dan dilantik jadi Panwas. Kalau sampai menggangu 24 jam tidak kita ijinkan. Tinggal pilih Guru atau Panwascam,” katanya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Blora, Lulus Mariyonan menanggapi, mundurnya Panwascam terpilih tidak hanya terjadi di Blora, melainkan juga di daerah-daerah lain. Pihaknya akan melaporkan hal ini ke Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

“Bawaslu Provinsi Jateng kemudian akan menjadwalkan (penggantian Panwascam yang mundur, red). Jadi kemarin penjelasannya akan ditunjuk satu hari bersamaan dengan kabupaten/kota lain,” paparnya.

Lulus menambahkan, saat ini, belum ada Panwascam terpilih yang melayangkan surat pengunduran diri secara resmi ke Bawaslu Blora. Untuk Panwascam terpilih yang tidak menghadiri pelantikan beberapa waktu lalu, secara otomatis dianggap mengundurkan diri.

“Untuk Panwascam PAW (Pergantian Antar Waktu) akan diisi peringkat di bawahnya,” pungkasnya. (top)

  • Bagikan