fbpx

HARI JADI KABUPATEN BLORA KE- 268, PEMKAB BLORA GELAR ZIARAH KE MAKAM BUPATI TEMPO DULU

  • Bagikan
Bupati Djoko Nugroho berziarah ke makam Bupati Basuki Widodo di Makam Giri Mulyo Cepu, Senin (04/12).

Blora – Forkompimda Blora mengawali peringatan hari jadi Kabupaten Blora ke- 268 dengan menggelar ziarah di tiga tempat. Yaitu, Pesarean Tirtonatan Ngadipurwo tempat peristirahatan terakhir RT Djayeng Tirtonoto Bupati Blora tempo dulu ,Makam Gedong Ageng yang merupakan tempat peristirahatan terakhir Syeh Abdurrohim Sunan Pojok dan Makam Bupati Basuki Widodo di Giri Mulyo Cepu, Senin (03/12).

 

Bupati Djoko Nugroho berziarah ke makam Bupati Basuki Widodo di Makam Giri Mulyo Cepu, Senin (04/12).

 

Dalam agenda ini, hadir bersama Bupati Blora wakil Bupati Arif Rohman, Kapolres Blora AKBP Saptono diwakili Wakapolres Kompol Indriyanto, dan Dandim Blora Letkol Inf Susilo. Pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke- 268 ini, Pemkab Blora memilih slogan “Wis Wayahe Kuncoro”.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bloranews.com, selain melaksanakan ziarah di Blora dan Cepu, rombongan Forkompimda Blora juga berziarah ke makam Bupati Blora tempo dulu yang ada di luar kota, diantaranya di Solo dan Yogyakarta. Ziarah akan berlangsung mulai hari ini (04/12) sampai dengan hari Sabtu (09/12).

Hari Kamis (07/12) depan, akan dilaksanakan Jamasan dan Kirab Pusaka Blora.

Sekedar informasi, pada peringatan hari jadi Kabupaten Blora tahun 2016 kemarin dilaksanakan Kirab Pusaka dengan rute Pendopo Bupati Blora – Jalan RA Kartini – Jalan dr Soetomo – Jalan Gunung Sumbing – Jalan Pemuda – Jalan Arumdalu – Jalan Kolonel Sunandar – Jalan Nusantara – Jalan KH Ahmad Dahlan – Jalan Abu Umar dan kembali menuju Pendopo Bupati Blora melalui gerbang depan.

Busana peserta kirab tahun lalu terdiri atas dua jenis. Busana jenis beskap landung dikenakan oleh Paraga Kirab, sedangkan bagi Pangombyong Kirab menyesuaikan dengan atribut identitas kelompok masing-masing. Ketentuan yang harus ditaati peserta kirab pusaka, salah satunya dilarang berbicara selama ritual berlangsung.

Reporter  : Fawaidi M / Pendim 0721 Blora

  • Bagikan